Undangan Proposal Restorasi Gambut

Tabloid-DESA.com – Wetlands International Indonesia meluncurkan inisiatif baru “Dana Mitra Gambut Indonesia (Indonesian Peatland Partnership Fund)”, yaitu sebuah wadah pendanaan untuk mendukung kegiatan restorasi gambut berbasis masyarakat, yang dilaksanakan melalui “Panggilan Proposal” kepada organisasi berbasis komunitas atau Lembaga Masyarakat Sipil yang bermitra dengan masyarakat setempat.

DMG-Indonesia dibentuk untuk menanggapi keprihatinan pemerintah Indonesia terhadap kerusakan dan kebakaran lahan gambut di Indonesia. Implementasi proyek berfokus pada 5 provinsi yang menjadi bagian dari 7 provinsi prioritas restorasi pemerintah, yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Hibah yang diberikan hingga Rp. 300 juta, dengan masa waktu pelaksanaan maksimal 24 bulan.

Panggilan Proposal ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah untuk merestorasi lahan gambut dan berkontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca dalam jangka panjang, dengan menyasar tiga kategori kegiatan proyek, yaitu:

Mendukung proyek konservasi dan restorasi lahan gambut berbasis masyarakat, termasuk pembasahan lahan gambut (rewetting), revegetasi/rehabilitasi vegetasi dengan tanaman asli lahan basah (Paludikultur), pencegahan kebakaran lahan gambut, kegiatan REDD+ berbasis lahan gambut milik masyarakat. Pengembangan bisnis/mata pencaharian di lahan gambut berbasis masyarakat dan bersahabat lingkungan.

Meningkatkan status/hak kepemilikan lahan masyarakat di lahan gambut (misalnya hutan desa); sebagai bagian dari penggunaan lahan dan rencana pengembangan bisnis.

Kegiatan DMG-Indonesia ini didukung oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) Indonesia.Penentuan hibah akan ditetapkan oleh Dewan Pengarah DMG-Indonesia, yang terdiri dari perwakilan BRG, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, media dan organisasi lainnya yang terlibat dalam pengelolaan lahan gambut dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Para peminat dapat mengirimkan proposalnya mulai 2 Mei – 7 Juli 2017.  short listed aplikan akan diumumkan pada 20 Juli 2017.
Formulir aplikasi hibah dapat diunduh  lewat  https://indonesia.wetlands.org/id/publications/DMG-indonesia atau kirim email ke apply_DMG-Indonesia@wetlands.or.id. (**)

 

Comments

comments