Tradisi Lisan Kebudayaan Empat Lawang Akan Dipelihara dan Dikembangkan

kabid

Tabloid-DESA.com EMPAT LAWANG – Untuk memajukan dan melestarian kebuadayaan daerah yang ada di Bumi Saleng Keruani Sangi Kerawati, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang akan mengembangkan tradisi lisan yang telah ditemukan di beberapa Kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rita Purwaningsih melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Veranita SE.Msi mengatakan, sudah lima Kecamatan yang diketahui ada tradisi lisan yang selama ini tersembunyi.

“Ada kebudayaan tradisi lisan yang selama ini tersembunyi, diantaranya Kecamatan Saling, Ulu Musi, Pasemah Air Keruh, Lintang Kanan dan Kecamatan Pendopo,” kata Vera saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (12/2/2020).

Masih banyak lagi tradisi-tradisi yang nantinya akan dikembangkan lagi, guna untuk memajukan kebudayaan yang ada di Bumi Saleng Keruani Sangi Kerawati.

“Masih banyak lagi tradisi yang ada di Empat Lawang, yang nantinya akan kita kembangkan, seperti tradisi guritan, bemunang, menhir situs, peta, dolmen, penyanyi rejung, rejung terbangan, manus krip dan tradisi buat lemang di Paiker,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan, bahwa pihaknya nanti akan memelihara tradisi-tradisi lisan yang ada di Empat Lawang, kalau untuk mempromosikan itu Dinas Pariwisata.

“Nantinya kita cuma hanya memelihara tradisi – tradisi lisan yang ada, kalau untuk mempromosikanya itu Dinas Pariwisata,” paparnya.

Comments