• Home »
  • BERITA »
  • Tiga Kecamatan di Muara Enim Dapat Alokasi Bantuan Dana Replanting Sawit

Tiga Kecamatan di Muara Enim Dapat Alokasi Bantuan Dana Replanting Sawit

sawit

Tabloid-DESA.com MUARAENIM – Tahun 2018 ini, Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Muara Enim akan mereplanting alias peremajaan kebun kelapa sawit milik petani plasma seluas 4.380 hektare, Minggu (21/7).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muaraenim, Mat Kasrun.

“Kita akan melakukan replanting sawit diatas lahan seluas 4.380 hektar milik petani sawit plasma di tiga kecamatan yakni Gunung Megang,Rambang Dangku dan Rambang,” jelas Kasrun seperti dikutip tribunsumsel.com.

Dikatakan Mat Kasrun pihaknya memandang sangat perlu dilakukan program replanting tersebut mengingat kondisi kebun kelapa sawit milik petani plasma ditiga wilayah tersebut saat ini sudah tidak produktif lagi.

“Dan kegiatan replanting tersebut sepenuhnya akan dikelola oleh KUD petani plasma sendiri,” katanya.

Ia juga mengatakan untuk pelaksanaan replanting tersebut pembinaan teknis dilapangan nantinya akan dilakukan oleh petugas dari Dinas Perkebunan dan pihak perkebunan PTPN VII.

“Dan Produksi kelapa sawit dari kebun yang telah direplanting tersebut nantinya tetap akan dijual kepala PTPN VII,” terangnya.

Kemudian lanjutnya untuk penyandang dana kegiatan replanting itu berasal dari Badan Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit dibawah naungan Kementerian Keuangan yang besarnya Rp 25 juta per hektare.

Namun lanjutnya diperkirakan untuk melaksanakan program tersebut tidak cukup jika hanya dengan dana Rp 25 juta.

“Dananya diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 50 juta hingga kebun tersebut dapat berproduksi kembali, Maka kekurangan dananya sebesar Rp 25 juta lagi dilakukan kerja sama dengan pihak perbankan yakni Bank Sumsel Babel untuk menutupi kekurangan dana,” lanjutnya.

Dikatakannya untuk mendapatkan pinjaman dana dari Bank Sumsel Babel, para petani harus menyiapkan jaminan kepada pihak bank.

“Dan untuk pembayaran pinjaman itu akan dilakukan setelah kebun yang direplanting berproduksi dengan jangka waktu selama 5 tahun,” pungkasnya.

Comments

comments