Sumsel Masih Kekurangan Tenaga Pendamping Desa

TENAGA

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Sumatera Selatan masih kekurangan tenaga pendamping desa terutama yang ditempatkan di kabupaten karena persyaratannya cukup tinggi.

Untuk pendamping desa yang ditempatkan di kabupaten memang masih kurang karena banyak yang belum memenuhi syarat, kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Sumsel Yusnin di Palembang, Sabtu (22/10) seperti dilansir sumsel.antaranews.com.

“Berdasarkan laporan saat seleksi lalu ternyata banyak yang tidak memenuhi syarat, karenanya harus terus kita upayakan pemenuhannya sesuai kebutuhan,” ucapnya.

Memang, pendamping desa yang berada di kabupaten atau profesional persyaratannya tinggi sehingga peserta tes banyak yang gugur, namun dia tidak menyebutkan persyaratannya.

Oleh karena itu jumlahnya masih kurang, namun dia tidak menyebutkan secara rinci.

Menurut dia, pendamping desa ada tiga jenis yakni yang berada di kabupaten, kecamatan dan desa itu sendiri.

Untuk ditempatkan di desa memang tidak menjadi masalah karena sudah cukup, ujar dia.

Dia mengatakan, pendamping desa tersebut bertugas membantu kepala desa dalam memanfaatkan bantuan dari pemerintah pusat supaya tepat sasaran.

Selain itu juga mengarahkan bantuan tersebut supaya pemanfaatannya yang lebih prioritas, ujar dia.

Apalagi bantuan desa tahun ini cukup besar sehingga itu harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa, tambah dia.

Comments