Sosialisasi Simda di Muara Enim Diikuti 275 Aparatur Desa

Sebanyak 275 Aparatur Desa yang terdiri dari Kades, Sekdes, Bendahara Desa dan Perangkat Desa dalam wilayah Kabupaten Muara Enim mengikuti Sosialisasi Sistem Manajemen Keuangan Desa di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Muara Enim, selama dua hari (5-6 Oktober 2015) ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanudin.

Menurutnya, Kabupaten Muara Enim cukup luas, terdiri dari 245 desa dalam 20 Kecamatan. Dengan adanya aplikasi Simda Desa, Pemerintah desa dapat dengan baik melakukan perencanaan, pengelolaan , penatausahaan , pelaporan dan pertangungjawaban keuangan desa.

Peluncuran aplikasi Simda Desa ini merupakan upaya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  (BPKP) dan Kabupaten Muara Enim dalam rangka mendukung program pemberdayaan masyarakat desa dalam mengimplementasi kan UU No.6 tahun 2014 tentang desa.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah merumuskan bagaimana mekanisme pengendaliandana alokasi untuk desa dan pencegahan penyimpangan dana tersebut.

Dengan adanya Sosialisasi Simda Desa diharapkan Kepala Desa dapat dengan bijak mengelola Dana Desa, sehingga tidak ada tindakan melawan hukum yang berakibat berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH). (rel/red)

Comments

comments