Sektor Pariwisata, Cara Cepat Sejahterakan Desa

pariwisata

Tabloid-DESA.com KUNINGAN – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum menyebut bukan tanpa alasan pihaknya menjadikan sektor pariwisata sebagai formulasi yang diandalkan dalam memberdayakan desa-desa di wilayah Jawa Barat.

“Desa wisata menjadi program prioritas karena menurut survei, mempunyai potensi mensejahterakan masyarakat, PAD juga meningkat,” katanya di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/9).

Menurut dia, langkah itu sejalan pula dengan kondisi bahwa desa-desa di Jabar mempunyai keunggulan guna dikembangkan sebagai objek kunjungan kepariwisataan. Karena itu, Pemprov gencar memoles banyak desa sebagai desa wisata.

“Kita tengah menggali potensi tersebut secara bertahap. Tahap pertama kita ingin ada 10 desa dalam satu kabupaten yang bisa dikembangkan sebagai desa wisata, ini jadi skala prioritas kita, prosesnya tengah bergulir,” tandasnya.

Meski demikian, pihaknya membuka lebar kabupaten dan kota untuk mengomunikasikannya dengan Pemprov. Pasalnya, tak menutup kemungkinan mereka memiliki desa wisata lebih dari 10 desa.

apkan, kami akan langsung memberikan perhatian terutama dengan melakukan perbaikan terhadap sarana dan  prasarananya, seperti jalan. Pokoknya kita tata,” tandas mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Dijelaskan, pengembangan desa wisata itu sejalan dengan fokus garapannya selama memimpin Jabar bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam lima tahun mendatang.

Selain desa, mereka juga tengah mempermak Pantai Pangandaran sebagai objek wisata kelas dunia. Anggaran Rp 100 miliar sudah dikucurkan untuk keperluan tersebut.

Comments