Sekda Sumsel: Pemprov Dukung Pengembangan BUMDes

sekda-provinsi-sumsel-h-mukti-sulaiman-sh-mhum-123_20151208_165955

MENURUT Sekda Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman SH MHum, agar pembangunan di pedesaan dapat berjalan optimal sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa banyak hal yang bisa dilakukan, Salah satunya dengan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Melalui pendirian BUMDes maka diharapkan terjadi peningKatan perekonomian desa,” ujarnya pada saat menjadi pembahas Diskusi Publik yang digelar KAHMI Sumsel bekerja sama dengan Pemprov Sumsel.

Agar pendirian BUMDes tersebut benar-benar mengena sasaran untuk peningkatan perekomian rakyat desa maka harus benar-benar mempertimbangkan potensi masyarakat yang ada di desa tersebut. Dia mencontohkan misalnya untuk Desa PayaKabung Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang memiliki potensi usaha keramik maka usaha itulah itulah yang layak untuk dikembangkan.

Jadi harus benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat sekitar yang memiliki usaha kerajinan keramik. Sedangkan mengenai sarjana pendamping yang bergerak mendampingi kepala desa diharapkan agar memiliki kemampuan menejerial dan benar-benar memahami pendirian BUMDes.

Dan mekanisme pembangunan pedesaan sesuai potensi yang ada di desa bersangkutan. Sebab untuk di Sumsel pada tahun ini disalurkan dana antara Rp 600- Rp 900 juta per desa. Dana sebesar harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar optimal.

 

Teks : Muhammad Ikhsan
Editor : Sarono P Sasmito

Comments

comments