Ponpes Modren Al- Rozi Bentuk Karakter Akhlak Anak Bangsa

PONDOK3

Di Hari Jadi yang ke-12, Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Rozi menggelar acara tahunan wisuda MTS (Madrasyah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah) yang ke-7 dengan tema “Tingkatkan Pembentukan Karakter Ahlak Anak Bangsa”. Selanjutnya peresmiaan gedung asrama putri. Acara wisuda tahunan ini diselenggarakan tepat hari Kamis, 2 Juni 2016 di Komplek Ponpes Modern Al-Rozi di Jalan lintas Modong, Tanah Abang Desa Sedupi, Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Tampak dalam kegiatan wisuda santri dihadiri Ketua Yayasan Ponpes Modren Al-Rozi H Ferdinan S, tokoh masyarakat, jajaran pemerintahan baik pemerintahan provinsi, pemerintahan kabupaten, camat, kepala desa, serta pihak kepolisian.

“Harapan saya, semoga santri yang di wisuda tahun ini dapat menjaga etika anak pondok dan berpegang teguh dengan norma-norma agama Islam agar kedepannya mereka dapat jadi penerus bangsa, memiliki karakter ahlak yang baik agar bangsa ini kedepanny mempunyai pemimpin-pemimpin yang berahlakul karimah bukan mazmumah,” demikian isi pidato Ustad Sutan Syahrir D selaku pendiri dan pimpinan Ponpes Modern Al-Rozi.

Ustad Sutan Syaril menyebutkan, Pondok Pesantren Modern Al-Rozi hadir sesuai dengan visi dan misinya yaitu menciptakan insan yang beiman, berilmu, berkadar intelektual tinggi, berwawasan luas, berdikari, mandiri, serta bermemfaat bagi bangsa negara dan agama. Walaupun keberadaan pesantren sudah 12 tahun berdiri, namun kondisi fasilitas pun masih cukup minim baik itu asrama santri maupun lokal berlajar.

“Meski begitu, semuanya tidak mematahkan semangat tenaga pendidik maupun santri yang belajar di Ponpes Al-Rozi. Kami minta kepada pemerintah untuk dapat memperhatikan perkembangan peserta didik di Ponpes Al-Rozi ini sehingga menjadi tempat utama dalam menimba ilmu karena saat ini peserta didik kami belajar dengan fasilatas yang sangat terbatas,” ungkap Syahrir.

Menurut Sutan Syahrir, faktor lingkungan yang kurang mendukung akan melahirkan generasi bangsa dan anak muda yang tidak baik. Tak sampai di situ. Faktanya, dalam keseharian sering terjadi anak sekolah mengkomsumsi narkoba, melakukan pencabulan, membunuh, bahkan ada yang sampai tega membunuh orangtuanya sendiri disebabkan mengkomsumsi narkoba.

“Tentulah dengan menyekolahkan anak di pondok pesantren terutama Ponpes Modern Al-Rozi mereka akan terhindar dari pergaulan bebas, karena Ponpes ini mendidik anak dengan baik dan lingkungan yang baik pula. Saya ingin melihat masyarakat berbondong-bondong menyekolahkan anak mereka ke Ponpes Al-Rozi ini,” kata Syahrir seraya berharap.

Sementara Ustad Adi Hariyanto selaku penanggung jawab kegiatan kepada TABLOID DESA menyampaikan, bahwa acara wisuda santriwan dan santriwati kali ini diikuti sebanyak 100 peserta didik dari kedua sekolah Madrasyah yang terdapat di berbagai wilyah termasuk Kepulauan Bangka Bedlitung.

Kemeriahan acara tahunan ini tidak lepas dari peran aktif dan kreatifitas para panitia penyelenggara yaitu para staf dan tenaga pengajar dan para santri dewasa yang mampu menyulap acara menjadi terkesan meriah. Dengan menampilkan kreasi yang dibawakan oleh santriwan maupun santriwati Ponpes Modern Al-Rozi. Juga para panitia memanfaatkan lahan seadanya di area pesantren dan madrasah dengan dekorasi yang menarik dan mampu menyedot perhatian masyarakat sekitar.

Drs Wilman SH MH, Kepala Bagian Kesra Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengatakan, Pemprov Sumsel telah memberikan apresiasi kepada pengelola Pondok Pesantren yang telah berupaya mencetak generasi yang beragama dan berkarakter yang mulia,
“Pendidikan bagi siswa itu bukan hanya di sekolah umum saja, tapi juga bisa di Ponpes sehingga mereka lebih dekat dengan agama dan mempunyai pergaulan yang baik,” cetus Wilman,
Ia berharap ke depannya Ponpes Al-Rozi ini tetap maju dan berkembang menjadi tujuan utama bagi para orangtua untuk memasukan anaknya menimba ilmu di pondok ini.
‘’Banggalah menjadi santri di Ponpes Modren Al-Rozi dan tingkatkanlah disiplin,’’ Wilman menyebutkan.

M Usni SP MSi, Staf Ahli Pemerintah Kabupaten PALI mengemukakan, pihaknya turut bangga dengan adanya Ponpes Modern Al-Rozi tersebut.

“Inilah Ponpes satu-satunya di Kecamatan Tanah Abang yang memdidik santri dengan baik. Semoga para santri yang lulus atau yang di wisuda tahun ini bisa terus melanjutkan pendidikannya dan jangan takut untuk bersaing karena anak pondok itu mempunyai kelebihan tersendiri yang belum tentu sekolah lain bisa mencontoh,” demikian kata Usni.

 

Teks :Chandra Wahyudi
Editor :Rinaldi Syahril

Comments

comments