Ponpes Al-Ittifaqiah Masuk 20 Paling Berpengaruh di Indonesia

itti2

Berkah Al-Qur’an menjadikan ponpes Al-Ittifaqiah, menjadi salah satu dari 20 ponpes paling berpengaruh yang ada di-Indonesia.Pernyataan itu diikemukakan Mudir Ponpes Al –Ittifaqiah (PPI) Drs KH Mudrik Qori, MA pada Acara Haflah dan Hari Ulang Tahun (HUT) pondok pesantren Al-Ittifaqiah ke 49 di Kampus PPI Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (2/6) lalu.

Hadir pada kesempatan itu Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Marwan Jafar SH.
Menteri asal PKB ini mengungkapkan kekagumannya kepada pondok pesantren tersebut,”iya,walau baru pertama kali kesini, saya sudah merasa jatuh cinta dan merasa nyaman,”ujarnya dengan senyum.

Dilanjutkannya, ia berpesan kepada para alumni jangan takut bersaing dan minder dengan para alumni lulusan perguruan tinggi lainnya dalam bersaing di dunia kerja.
Padahal, selain kemampuan akademik yang dimiliki oleh alumni pesantren, disisi lain, mereka juga memiliki bekal kemampuan memperdalam al-qur’an. Belum lagi ditambah dengan saat ini, ponpes Al-Ittifaqiah Inderalaya Ogan Ilir, telah mengembangkan dua kemampuan bahasa bagi para santri antara lain yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris.

“Alumni pesantren tidak boleh minder, tidak boleh berkecil hati. Alumni, ponpes, tidak kalah dengan alumni perguruan tinggi lainnya. Apalagi kita memperdalam alqur-‘an, yang bisa mengajar mengaji. Insyaallah alumni tidak akan menganggur,” ujar Marwan.

Selain itu,lanjut Marwan, ponpes Al-Ittifaqiah selain membekali kemampuan al-qur’an, juga mengembangkan kemampuan dua bahasa, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Disamping itu juga, sudah banyak para alumni melanjutkan pendidikan di luar negeri dari jalur prestasi seperti pendidikan di Kairo Mesir, Turki, Sudan dan beberapa pendidikan di negera islam lainnya yang ada di kawasan timur tengah.

Selain menghadiri haflah alumni ponpes Al-Ittifaqiah, menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi juga meresmikan mini market belanja hemat untuk umat dan MCK raksasa kampus D Desa Tanjung Lubuk Inderalaya serta me-Launching sarana prasarana olahraga ponpes Al-Ittifaqiah seperti mini sepakbola dan futsal, pembangunan pintu gerbang lapangan volley dan me-Launching pembangunan kantor Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah Inderalaya.

Sementara, dalam sambutannya Mudir Ponpes Al-Ittifaqiah Drs KH Mudriq Qori MA menerangkan, tepat hari ini, Al-Ittifaqiah menghaflah sebanyak 916 alumni. Mereka terdiri dari tingkatan alumni pendidikan anak usia dini (Paud), Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan tingkat pendidikan aliyah. Dan saat ini lanjut Mudir ponpes Al-Ittifaqiah, hampir memasuki akreditasi A.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH yang diwakili asisten 3 Ahmad Najib, Plt Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dan Kapolres OI AKBP M Arif Rifa’i SIK.

 

Teks : M Ikhsan
Editor : Sarono P Sasmito

Comments

comments