Petani Teluk Kijing Minta Fasilitasi Sengketa Lahan

DESAA1

Sengketa lahan antara PTPN VII dengan masyarakat kelompok tani masyarakat Desa Teluk Kijing I Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sejak tahun 2014 hingga sekarang belum juga menemukan solusi terbaik.

Pemkab Muba selaku pihak yang memfasilitasi untuk menemukan solusi dari permasalahan, kembali mengadakan rapat, dikarenakan adanya laporan dari ketua kelompok Tani Mitra Karya mengenai ketidakpuasan masyarakat Desa Teluk Kijing I. Acara pertemuan ini digelar di Ruang rapat Asisten I Setda Muba, Selasa (28/6/2016).

Ketua Kelompok Tani Mitra Karya, Makwah menyampaikan bahwa, awal sengketa terjadi antara PTPN VII dengan masyarakat dikarenakan masyarakat menuntuk hak atas lahan warisan milik mereka yang telanjur telah diduduki oleh pihak perusahaan.

Manajer PTPN VII, Daniel menjelaskan bahwa pihaknya tidak dapat memenuhi proposal yang diajukan dikarenakan tidak sesuai pola berdasarkan ketentuan Kementerian BUMN, salah satu syarat yang belum terpenuhi oleh masyarakat yaitu berupa anggunan/jaminan yang harus dilampirkan pada proposal tersebut.

Comments

comments