Peremajaan Sawit Indonesia Dimulai dari Muba

REMAJA1Tabloid-DESA.com SUNGAI LILIN – Program Replanting (peremajaan) lahan sawit milik rakyat di Indonesia akhirnya resmi diluncurkan, program kerakyatan ini resmi dimulai dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang secara khusus dilaunching oleh Presiden RI Joko Widodo di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Jumat (13/10).

Tak tanggung-tanggung, Kabupaten Muba yang didaulat sebagai Kabupaten pertama di Indonesia yang berhasil mengimplementasikan peremajaan lahan sawit milik rakyat tersebut berhasil melakukan peremajaan di lahan seluas 4.446 hektar di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba.

“Peremajaan lahan sawit milik rakyat ini dimulai dari Muba, Kabupaten ini harus menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia sebagai daerah penghasil sawit yang besar dan sukses melakukan peremajaan lahan sawit yang mensejaterahkan masyarakat,” ujar Presiden RI Joko Widodo di sela Launching Penanaman Perdana Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit dan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Oleh Presiden Republik Indonesia, Jumat (13/10) di Desa Panca Tunggal.

Menurutnya, melalui program peremajaan lahan sawit tersebut nantinya penghasilan buah sawit milik petani mandiri di Kabupaten Muba bisa bertambah empat kali lipat dari penghasilan sebelumnya.

“Kalau sudah dilakukan peremajaan ini dengan bibit sawit yang berkualitas buah sawit yang dihasilkan bisa mencapai 8 ton per-hektar, nanti Muba akan menjadi daerah pertama di Indonesia yang sukses dengan program kerakyatan ini, dan tentu harus didukung,” ujarnya.

REMAJA2

Lanjutnya, Kabupaten Muba saat ini sudah banyak melakukan terobosan dan program yang sangat memihak kepada kesejahteraan masyarakat. “Ke depan Muba juga tidak hanya akan melakukan peremajaan lahan sawit saja, tetapi juga akan di implementasikan peremajaan lahan karet dan lahan perkebunan lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution turut mengapresiasi upaya peremajaan lahan sawit di Kabupaten Muba. “Suksesnya peremajaan lahan sawit dimulai dari Muba, dan Pemerintah pusat akan terus memberikan support dengan program kerakyatan ini untuk komitmen terus diselenggarakan,” tuturnya.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menuturkan Pemkab Muba akan terus menggalakan program pertanian dan perkebunan. “Usai peremajaan lahan sawit ini, Muba juga akan melakukan peremajaan lahan karet dan kesuksesan program ini tentunya diperlukan dukungan dari masyarakat dan stakeholder lainnya,” jelasnya.

Bupati yang baru menjabat 7 bulan ini juga menambahkan replanting lahan sawit milik petani di Muba ini akan menjadi pemecut semangat Pemkab Muba untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Muba. “Program ini pertama di Indonesia, dan Muba siap menjadi contoh yang baik dan sukses bagi daerah lain di Indonesia untuk mengimplementasikan program tersebut,” pungkasnya.

Pada kegiatan Launching Penanaman Perdana Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit dan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Oleh Presiden Republik Indonesia di Desa Panca Tunggal tersebut juga dihadiri beberapa Menteri yakni diantaranya Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Selain itu, turut hadir Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Sumsel.

Di sela kesempatan, Presiden RI Joko Widodo juga tampak berbaur dengan masyarakat Desa Panca Tunggal dan mengecek lahan sawit milik warga di area sekitar kegiatan.

Comments

comments