Pekan Pancasila, Kodim 0403/OKU Ajak Siswa Amalkan Pancasila

PANCA1

Tabloid-DESA.com BATURAJA TIMUR – Satuan Kodim 0403/OKU menggelar Pekan Pancasila yang diikuti oleh siswa siswi SMA yang ada di wilayah Kab. OKU, Kab. OKU Timur dan Kab. OKU Selatan, kali ini di Kab. OKU diselenggarakan di SMA Taruna Baturaja yang diikuti oleh 205 orang pelajar bertempat di halaman SMA Taruna Baturaja Jln. Sukaraja Baturaja Timur OKU, Selasa (6/6).

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari pimpinan untuk menyelenggarakan Pekan Pancasila di wilayah masing-masing dengan mengambil tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila”, adapun tujuannya adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

PANCA2

Materi penyelenggaraan Pekan Pancasila meliputi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Outbond, Keterampilan dan PBB yang dibawakan oleh Pasiops Kodim 0403/OKU Kapten Czi Handayani dibantu oleh Serma Heri Parudi dari Staf Ter Kodim serta beberapa orang Babinsa.

Pasiops Kodim 0403/OKU Kapten Czi Handayani menjelaskan kehidupan berbangsa Indonesia saat ini sedang diuji. Namun sampai saat ini masih tegar dan semakin kuat sebagai bangsa Indonesia. Makanya pada tahun 2017 ini diselenggarakan Pekan Pancasila, “katanya”.

PANCA3

Para pelajar diajak mengenal Pancasila, salah satunya untuk tampil mengucapkan lima sila Pancasila tanpa menggunakan teks. Langkah Pasiops itu dalam upaya memicu kemampuan para siswa untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan Pancasila, sehingga lima sila Pancasila ini tidak hanya dihafalkan saja, tetapi harus diamalkan dengan baik yang pada akhirnya kita cinta tanah air, cinta bangsa dan cinta negara.

PANCA4

Selain kegiatan ceramah cinta tanah air, juga dilaksanakan kegiatan outbond, ketrampilan dan materi baris berbaris, kegiatan ini para pelajar sangat antusias untuk mengikutinya, karena kegiatan ini dikalangan pelajar sangat jarang dilakukan.

Comments

comments