• Home »
  • BERITA »
  • Pasilog Kodim 0418/Palembang Hadiri Social Marketing Implementasi Program Air Limbah Domestik

Pasilog Kodim 0418/Palembang Hadiri Social Marketing Implementasi Program Air Limbah Domestik

IPAL (2)Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, SE, M.Si, M.M. yang diwakil oleh Perwira Seksi Logistik Kapten Inf Pahala Hutagaol menghadiri acara sarasehan Social Marketing Implementasi Program Air Limbah Domestik di Kota Palembang bertempat di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (07/02).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjuti dari proyek yang dibangun oleh pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama dengan pemerintah Australia, yang berlangsung selama dua hari (7-8/2). Dan ini merupakan kemitraan antara Indonesia dengan Australia dibidang infrastruktur. Dimana pemerintah Australia telah menghibahkan 45 juta AUSD atau setara Rp.450 miliar untuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) skala perkotaan di Kota Palembang, dan untuk menjadikan Kota Palembang, satu-satunya Kota di Indonesia yang menjadi pilot project pembangunan IPAL skala perkotaan atas hibah yang diberikan Australia melalui Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT).

Dalam sambutannya, Deputy Director of Water and Sanitation KIAT (Kemitraan Indonesia Australian bidang Infrastruktur), Jim Coucouvinis menyampaikan, hari ini merupakan pelatihan terkait dengan pengelolaan limbah di Kota Palembang. Dimana, pelaksanaan ini merupakan tindak lanjut dari hibah Australia terhadap pengembangan sanitasi yang dilaksanakan di Kota Palembang. “Hari ini kita mengundang berbagai macam narasumber dan konsultan, untuk menjadi pembicara terkait sanitasi,” jelasnya.

IPAL (4)

Melalui kegiatan ini, Jim mengajak pemerintah daerah dapat mendorong agar pelayanan sanitasi untuk penduduk dapat dilaksanakan di masing-masing daerah. “Inilah bentuk komitmen kami terhadap Kota Palembang yang memiliki komitmen yang sama terkait sanitasi. Kedepan kami berharap daerah lain di Indonesia dapat melakukan hal yang sama,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos. sangat berharap jika hibah Australia dapat diberikan lagi untuk kebutuhan peningkatan infrastruktur yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. “Saat ini kami sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games yang akan berlangsung tahun ini. Mungkin, pemerintah Australia bisa memberikan bantuan berupa hibah alat kebersihan, seperti mesin penyapu jalan yang lebih efisien dalam mengatasi sampah di Palembang,” harapnya.

Lebih lanjut, Harnojoyo mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Australia yang terus mendorong Pemkot Palembang untuk bagaimana menangani sanitasi dan masalah kebersihan. “Kami sangat berkomitmen, sesuai dengan apa yang disampaikan beberapa waktu lalu. Dimana, tidak hanya limbah cair, limbah padat pun saat ini menjadi perhatian serius kami,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Walikota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos., Komisi III DPRD Kota Palembang Bid. Pemb/Infrastuktur/Sanitasi, Setda Bag. Hukum Kota Palembang, Ketua Bappeda dan Litbang Kota Palembang, Kadiskes Kota Palembang, Kadis LH & Kebersihan Kota Palembang, Kementerian PUPR, Konsultan Bank Dunia, Kedubes Australia, Pasilog Kodim 0418/Plg Kapten Inf Pahala Hutagaol, Iptu Junaedi Polresta Palembang dan undangan lain sekitar 50 orang.

Comments

comments