Ngabuburit Sambil Melihat Hasil Tebar Bios 44

BIOS1Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. beserta rombongan secara khusus pada kegiatan week end di bulan suci Ramadan meluangkan waktunya sekaligus safari ramadan untuk memantau lokasi yang pernah ditebar BIOS 44 yaitu di Desa Gelebek Dalam dan Desa Duren Hijau Kec. Banyuasin I Kab. Banyuasin.

Danrem 044/Gapo yang juga didampingi oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 044 Ny Mia Kunto, Jum’at (02/06) menyampaikan, ini adalah kegiatan yang sengaja dilaksanakan pada saat Ramadan, selain untuk meningkatkan hubungan silaturahmi dengan masyarakat setempat, juga dalam rangka memantau perkembangan penebaran BIOS 44 yang telah ditebar beberapa waktu lalu tepatnya pada bulan Maret 2017.

BIOS2

Di Desa Gelebek Dalam, dikataknnya bahwa BIOS 44 yang telah ditebar pada lahan sawah pertanian maupun kolam ikan bermaksud untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengolah lahan pertanian dan perikanan serta membantu menjaga ekosistem lingkungan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Kades Desa Gelebek Dalam Hendri Sani menyampaikan ada perkembanagan yang luar biasa terhadap lahan yang telah ditabur BIOS 44 beberapa waktu lalu.

BIOS3

“Disini sebelumnya kita siapkan lahan dengan luas 1 hektar, sebagai lahan percontohan, perkembangannya sangat bagus tanah jadi subur,” urai singkatnya.

Sementara itu di Desa Duren Hijau telah disiapkan lahan seluas 4 hektare yang merupakan lahan perkebunan dan kolam ikan, disini permasalahan hampir sama dengan lokasi di Desa Gelebek Dalam yaitu kondisi air dan tanahnya kurang baik untuk pengembangan pertanian dan ikan karena PHnya dibawah 3.

BIOS4

Lebih lanjut Danrem juga menyampaikan dilokasi seluas hingga 4 hektare ini akan ditebar BIOS 44 dalam rangka mengolah lahan pertanian dan perikanan serta menjaga ekosistem lingkungan, sehingga dapat menjadi produktif.

“Kedepan akan dicoba dengan menggunakan BIOS 44 agar kondisi air dan tanah menjadi normal sehingga bisa dimamfaatkan masyarakat secara  optimal,” urainya.

BIOS5

Perlu dipahami katanya lagi, BIOS 44 ini adalah hasil inovasi Korem 044/Gapo yang terus dikembangkan dan ramah lingkungan kerena merupakan gabungan mikroorganisme, bila ditebarkan dilahan gambut akan dapat mencegah kebakaran, dan jika ditebarkan di lahan pertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif karena terjaga oleh ekosistemnya serta bila ditebarkan di lahan tandus akan menjadi subur.

Sementera itu pemilik kolam Rizal, menyampaikan menyambut baik rencana akan diterbarkannya BIOS 44 sebagaai upaya untuk menjadikan lahan yang PHnya tidak bagus menjadi lahan yang produktif.

“Kami berharap upaya bersama ini akan segera terwujud yang mana tanah kami bisa menjadi lahan yang produktif dimasa mendatang,” urainya

Selain beberapa acara diatas, dalam acara ini juga dilaksanakan kegiatan bersama Ibu Persit yakni memberikan bantuan kitab suci Al-Qur’an kepada warga setempat.

“Ini merupakan kegiatan yang bernilai ganda, kegiatan utamanya adalah memantau hasil penebaran BIOS 44, kemudian silaturahmi sambil nunggu buka puasa, mancing bagi para anggota yang hobby, serta tidak lupa berbagi kitab suci Al Qur’an, dan acara berbuka bersama,” katanya disela kegiatan.

Comments

comments