Net1 Bangun Infrastruktur 4GLTE di Musi Banyuasin

net1

Tabloid-DESA.com JAKARTA – Net1 Indonesia terus memperluas ekspansi jangkauan penetrasi internet di seluruh Indonesia. Untuk tujuan itu, Net1 melakukan kerja sama penyediaan infrastruktur layanan data berbasis 4G LTE di lingkungan pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak dilakukan oleh Chief Executive Officer Net1 Indonesia Larry Ridwan dan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin di Jakarta, Kamis (9/11). Dalam nota kesepahaman, kedua pihak menjajaki kerja sama di bidang telekomunikasi.

Dalam kerja sama ini, Net1 juga akan menjajaki peluang kerja sama strategis untuk menyediakan piranti-piranti Machine to Machine (M2M) dan Internet of Things (IoT) yang merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan pemkab Musi Banyuasin untuk pengembangan Smart Regency di kawasan tersebut. Selain memfasilitasi broadband data connectivity dengan fiber optik, Net1 juga mengembangkan Smart Aplication untuk mendukung program Muba Smart Regency.

“Kerja sama ini akan meningkatkan kualitas infrastruktur dan telekomunikasi di Musi Banyuasing yang pada akhirnya mendorong tercapainya visi dan misi Pemerintah daerah untuk mewujudkan Smart Regency. Selain, itu, kami berharap dapat mendorong program pemerintah dalam penyediaan layanan data hingga kawasan 3T (terdepan, terluar, tertinggal),” ujar Lary.

Menurut Larry, kehadiran Net1 di Musi Banyuasin memiliki nilai historis dan juga strategis bagi pengembangan bisnis Net1 di Indonesia Barat, khususnya daerah Sumatera Selatan. Layanan Net1 juga telah hadir di Aceh, Lampung, Palembang, dan sekitarnya.

Cocok Diaplikasikan

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki luas 14.265,96 km2 dan populasi penduduk sebesar 561.458 jiwa, dengan tingkat kepadatan 39 jiwa / km2. Wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk ini cocok diaplikasikan jaringan komunikasi di frekuensi 45 MHz yang memiliki jangkauan sinyal jauh.

Dengan frekuensi itu, Net1 akan mampu melayani pasar yang secara geografis sulit dijangkau dan secara ekonomi sangat mahal untuk ditembus operator seluler lain yang menggunakan frekuensi di atas 450MHz dengan jangkauan lebih pendek.

“Kehadiran Net1 sangat membantu kami dalam membangun Kabupaten Musi Banyuasin menjadi daerah yang smart dan melek terhadap perkembangan teknologi digital dan telekomunikasi. Infrastruktur berbasis teknologi 4G LTE juga meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan dalam melayani publik dan mempermudah akses masyarakat dalam mencari informasi melalui internet secara cepat,” papar Bupati Dodi.

Dodi menambahkan Kabupaten Musi Banyuasin memiliki banyak potensi daerah yang bisa dipasarkan ke luar negeri. Sektor pertambangan dan energi merupakan penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mencapai 66,86%, yang disusul pula sektor pertanian 12,35%.

Comments

comments