Kampaye Konsumsi Sayur dan Buah

Fruits and Vegetables --- Image by © Fukuhara, Inc./CORBIS

Tabloid-DESA.com PLAKAT TINGGI – Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-57 tingkat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang bertema “Peningkatan Komsumsi Sayur dan Buah Nusantara Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat dan Berprestasi” digelar di Desa Suka Damai, sekaligus launching secara resmi Kebun Gizi Sehat binaan PNPM Generasi Sehat Cerdas (GSC) sekaligus lahan praktek pencapaian Tanda Kecakapan Khusu (TKK) Berkebun pramuka penggalang gudep SMP 1 Plakat Tinggi, Rabu (01/02).

Dalam acara ini juga digelar pameran hasil kebun Pramuka Penggalang, hasil makanan olahan buah dan sayuran oleh tim PKK Kecamatan serta hasil kreatifitas ibu-ibu rumah tangga yang berbahan buah dan sayur dari hasil Kebun Gizi mereka.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati David BJ Siregar Muba diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Taufik Rusydi, M.Kes mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan seperti ini.

“Semoga apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Suka Damai dapat menjadi contoh dan motivasi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Muba. Apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada pihak GSC yang telah membantu merintis terbentuknya Kebun Gizi Cerdas ini. Semoga, kedepan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan gizi secara mandiri,” kata Taufik.

Peringatan HGN ini, sekaligus bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba kepada para pelopor dan penggiat kebun gizi ini serta masyarakat yang sadar gizi.

Sebagai bentuk apresiasi ini, Kabupaten Muba melalui Dinkes memberikan sebuah bentuk penghargaan kepada pelopor masyarakat sadar gizi yaitu Ambari, Mus Mulyadi, Abdul Jalil, Sawal dan Masyarakat Suka Damai yang diwakili oleh Kepada Desa Jeki Haryanto. Serta tidak ketinggalan 12 pramuka penggalang yang selalu aktif dari awal merintis Kebun Gizi tersebut, mereka adalah Haris Pratama Saputra, Agung Reza Pratama, Razy Yudha Pratama, Halim, Angki Yos Sudarwanto, Herlena, Sully Pudja Kharisma, Diana Lestari, Tri Widyastuti, Rani Puspita Sari, Sri Yuliyus Mayasari dan Putri Rahmanda.

Sementara, ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) DPC Muba, Salim SKM, SE, M.Kes mengatakan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan positif seperti ini. Dia juga akan mencoba menjalin kerjasama dengan pihak dan dinas terkait.

“Semoga, hari ini membuka mata kita semua. Masyarakat secara sadar dan mandiri menyediakan sedikit areal pekarangan mereka untuk sekedar mencukupi kebutuhan gizi mereka. Saya berharap, kedepan ada pihak atau dinas terkait turut membantu baik itu kebutuhan bibit ataupun penyuluhan kepada masyarakat. Sehingga, selain mendapatkan hasil yang cukup masyarakat juga bisa mendapatkan hasil yang berkualitas,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan Launching dan Peresmian Kebun Gizi Suka Damai secara lanfsung oleh Hj. Halimah Rusli selaku Ketua TP PKK Kabupaten Muba.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura dan Peternakan, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Pasar, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, TP PKK Kabupaten Muba, Camat Plakat Tinggi, Pemerintah Desa Suka Damai, PNPM Sehat Cerdas, Persagi DPC Kabupaten Muba.

Comments

comments