Kabupaten OI Akan Coba Irigasi Tenaga Surya

tenaga

Tabloid-DESA.com INDERALAYA – Pemerintah kabupaten Ogan Ilir pada tahun depan akan menerapkan teknologi pompa air bertenaga surya untuk pasokan air persawahan yang ada di Bumi Caram Seguguk.

Upaya ini dilakukan setelah sejumlah anggota Komisi II DPRD Ogan Ilir melakukan study banding ke Desa Citeras Kabupaten Lebak, Banten.

“Seperti kita ketahui, kebutuhan akan air setiap kali menjelang panen sangat tinggi, petani selalu kewalahan. Bahkan tidak sedikit petani yang menggunakan mesin jenset, untuk menyalakan mesin sedot air agar sawah mereka selalu dialiri air,” ujar Ketua Komisi II, Irwan Noviarta.

Kebutuhan bahan bakar untuk menghidupkan generator set yang dipergunakan untuk menggerakkan mesin pompa air agar mendapatkan pasokan air ke sawah menjadi pengeluaran yang sangat besar.

“Apa lagi kalau memasuki musim kemarau,” tambah Novi.

Untuk itu, pada tahun depan pihaknya merencanakan akan menarapkan hal ini untuk petani di Bumi Caram Seguguk.

“Insya Allah pada tahun 2019 melalui anggaran pokok pikiran dewan, akan kita upayakan teknologi ini diterapkan di Kabupaten Ogan Ilir,” ungkapnya.

Karena lanjut politisi Partai Golkar ini, teknlogi pompa yang ditenagai panel surya ini, sangat membantu petani, karena pengairannya menggunakan tenaga surya.

 

Comments

comments