• Home »
  • MOTIVASI »
  • Joncik Muhammad : Menuju Empat Lawang Lebih Baik – Puasa dan Kemakmuran

Joncik Muhammad : Menuju Empat Lawang Lebih Baik – Puasa dan Kemakmuran

JONCIK

Tabloid-DESA.com – Tokoh masyarakat kabupaten Empat Lawang, Joncik Muhammad mengajak masyarakat untuk menjalankan ibadah puasa. Sebab, puasa dapat melatih mental dan fisik hingga menjadi warga yang tangguh dan dapat membawa kabupaten Empat Lawang lebih baik lagi.

Menurut Joncik, puasa akan memberi dampak besar dalam segala hal, hingga memberi nilai positif . “Banyak efek yang ditimbulkannya, tentunya keamanan akan lebih terkendali. Sebab, puasa akan melatih kesabaran mereka yang melaksanakan ibadah,” kata Joncik.

Selain lapar dan dahaga yang dirasakan sejak imsak hingga magrib, mereka yang berpuasa tetap dituntut untuk menjalankan rutinitas kesehariannya. “Tidak ada yang berubah dan semua tetap seperti rutinitas kita sehari-hari. Bahkan karena puasa kita jadi lebih bersemangat, sebab apapun kebaikan yang dilakukan akan mendapat ganjaran dua kali lipat,” tegas Joncik.

Dia mengungkapkan, bekerja pada bulan puasa memberi semangat yang lebih besar. Dan tentunya, semangat untuk berbuat kebaikan dan mencegah segala kemunkaran, memberikan efek keamanan di Empat lawang. “Ketika semua beribadah, semua berpuasa, maka kemunkaran akan berkurang. Rasa untuk menjaga keamanan dan ketertiban berbahagia dalam ibadah,” ungkap Joncik.

Kesuksesan orang berpuasa sangat bergantung pada ikhlas-tidaknya seseorang dalam menjalankanya. Sifat khusus ibadah puasa ini, tambah dia, menunjukan bahwa kita harus memiliki keimanan yang kuat kepada Allah sebagai satu-satunya Yang Maha Melihat atas segala sesuatu. “Sebab Rasulullah dalam haditsnya menyebutkan, Barang siapa yang berpuasa dengan penuh rasa iman dan hanya karena Allah, dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” kata dia.

Ikhlas pada hakikatnya merupakan kekuatan iman. Ikhlas adalah mengarahkan segala orientasi tujuan dan amalnya hanya karena Allah dan membersihkannya dari segala kepentingan duniawi. “Terlalu kuatnya tarikan nafsu agar jauh dari sikap ikhlas. Untuk mengatasi hal itu, hendaknya seseorang mengarahkan setiap amalnya hanya kepada Allah semata. Ikhlas untuk berbuat baik, ikhlas untuk bersatu membangun Emapt Lawang,” kata dia.

Bahkan, puasa yang dilakukan tanpa keikhlasan, akan menyebabkan seseorang tidak bisa menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat. “Berpuasa, Insya Allah akan membawa kita pada kebaikan dan terhindar dari kemunkaran. Lewat ibadah puasa, mari kita bangun kabupaten Empat Lawang yang lebih baik,” tegas dia.

Comments

comments