Joncik Muhammad Menuju Empat Lawang, Dorong Kualitas Kopi Empat Lawang

JONCIK

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Kopi merupakan salah satu produk unggulan kabupaten Empat Lawang, seharusnya pemerintah dan masyarakat dapat menjual brand kopi Empat Lawang lebih dikenal masyarakat. Untuk dapat lebih berkwalitas, tentunya perlu niat dan usaha yang kuat hingga produk tersebut lebih baik lagi.

Hal itu dikatakan tokoh masyarakat Empat Lawang, Joncik Muhammad. Menurut bakal calon Bupati Empat Lawang ini, keberadaan kopi Empat Lawang belum mendapat tempat dihati para pecinta kopi, lantaran belum seriusnya pembinaan yang dilakukan.

“Harusnya sejak dahulu kopi empat lawang ini memiliki brand atau merek yang sudah dikenal oleh masyarakat se Sumsel. Kenyataannya, masih banyak yang belum tahu, bahwa kopi yang sebenarnya berkwalitas baik itu berasal dari Empat Lawang,”kata Joncik.

Dia menilai, secara kwalitas dan kwantitas kopi Empat Lawang sudah banyak di konsumsi oleh masyarakat. Tapi brand yang digunakan bukan menggunakan nama Empat Lawang. “Ada salah satu brand ternama nasional yang menggunakan kopi ini, dan mereka membeli kopinya dan menjadikannya merek lain,”tambah Joncik.

Seharusnya, untuk bisa memberikan nilai tambah yang lebih baik dan tentunya dapat mendorong kwalitas kopi yang lebih baik lagi, seluruh stekholder dan pemerintah Empat Lawang dapat mengintervensinya. “Dengan cara membina para petani kopi, bukan hanya memberikan bantuan bibit semata tetapi juga membina para petani agar dapat menghasilkan kopi jenis arabika yang benar-benar bisa dinikmati seluruh masyarakat,”kata dia.

Menurut ketua Fraksi PAN DPRD Sumsel itu, kopi Empat Lawang kedepannya harus memiliki merek dan brand dengan nama kopi Empat Lawang. “Jadi kwalitasnya bisa terjaga, dan tentunya dengan pengelolaan secara profesional,”ucap dia.

Senada dikatakan Ketua Pecinta Kopi Sumsel, Herlan Aspiuddin mengatakan, kopi empat lawang sebenarnya memiliki nilai jual yang cukup baik. Sayangnya, pengelolaannya belum maksimal hingga dibeli oleh Lampung. “Kalau kita perhatikan lagi, kopi lampung itu ya kopi Empat Lawang. Kedepannya, harus ada upaya serius lagi untuk menjadikan kopi asal Sumsel ini supaya lebih baik lagi,”kata Herlan.

Dia mengatakan,kabupaten Empat Lawang harus memiliki tokoh pemimpin yang benar-benar mampu dan memahami karakteristik kabupaten Empat Lawang. Hingga dapat membangun kawasan tersebut secara maksimal, dan tentunya dapat mensejahterakan rakyatnya.

Comments

comments