Herman Deru Minta Wako Pagaralam Kreatif Kemas Agenda Wisata

#Dorong Peningkatan Wisata Kota Megalit

wisata3

Tabloid-DESA.com PAGARALAM – Hujan gerimis yang mengguyur Kota Pagaralam sejak Jumat (7/2) pagi, tak menyurutkan langkah Gubernur Sumsel H.Herman Deru meresmikan pembukaan objek wisata teranyar di Kota Pagaralam, Rizal Camping Ground (RCG), Pelangi Kenidai.

HD meresmikan wisata alam ini didampingi Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, Anggota DPR Provinsi Sumsel Dapil VII H.Alfrenzi Panggarbesi, owner RCG Marlin Rizal, serta segenap Kepala OPD Pemprov Sumsel dan Kota Pagaralam.

Selain mendorong pengembangan objek-objek wisata di kota megalit, kedatangan HD di RCG ini juga tak lain untuk mengkampanyekan kondisi Pagaralam yang sudah kembali aman dan kondusif  pasca terjadinya konflik manusia dan harimau beberapa waktu terakhir.

“Inilah namanya kerja konkrit. Hasil kerja Pak Walikota dan putri daerah serta masyarakatnya dan ini menakjubkan. Kita tidak kalah ya dengan daerah lain. Kedepan kemasan dan promosi harus lebih baik karena itu kuncinya biar wisata di sini ramai. Bila perlu buatkan kalender tetap selama setahun apa saja. Jadi calon pengunjung bisa tahu ” ujar HD.

HD mengharapkan terobosan yang dilakukan Kota Pagaralam ini  dapat menginspirasi daerah lain. Sehingga pariwisata di Sumsel semakin variatif dan semakin memancing wisatawan datang berkunjung.

Dalam kesempatan itu HD juga mengungkapkan jika dirinya siap saja membackup Kota Pagaralam agar memiliki wahana Cable Car seperti yang sudah dulu populer di Genting Malaysia. Terobosan ini menurutnya sangat perlu agar wisata Pagaralam tidak ditinggalkan pengunjung si tengah ketatnya persaingan wisata di beberapa provinsi sekitar.

” Untuk memancing orang berkunjung itu tidak mudah. Harus ada yang ditonjolkan. Kita tidak bisa biasa-biasa saja, pasti ditinggal orang. Makanya Pemda harus jeli mencari ikonik-ikonik khas daerah masing-masing yang bisa jadi daya jual. Soal Cable Car tentu kita back up. Tapi kan  Pak wali yang punya tempat dan tahu segmennya seperti apa. Kita siap bantu. Cuma yang namanya membantu itu kalau kurangnya sedikit. Kalo kurang banyak namonyo “ngenjuk” ,” ujar HD setengah  bercanda.

Menurut HD, inisiatif putri daerah membangun tanah kelahiran seperti ini turut memacu dirinya sebagai Kepala Daerah untuk segera melengkapi kekurangan di sekitar lokasi. Misal jalan menuju objek wisata, jaringan seluler, kemudian listrik. Dengan kelengkapan ini Rizal Camping Ground ditargetkan menjadi destinasi yang mengeksklarasi destinasi lain di Pagaralam.

“Orang berkunjung kesini tentu butuh pilihan-pilihan, siapkan saja misalnya kuliner, kesenian, tarian atau musik berejung. Ini bukan tanggung jawab Walikota saja tapi semua masyarakat juga insan pers. Kita ajak juga masyarakat melawan isu-isu negatif supaya ekonomi tidak berdampak lagi seperti kemarin ,” jelasnya.

wisata4

Sementara itu, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, sangat berterimakasih dengan perhatian yang besar dari Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Karena bukan hanya membantu memuluskan infrastruktur jalan bahkan jembatan, bahkan terakhir memulihka iklim wisata di Pagaralam pasca konflik warga dan harimau.

“Atas nama nama Pemkot Pagaralam Saya  eeterimakasih atas kehadiran pak Gubernur beserta perangkatnya. Apalagi kemarin kami sempat “jatuh” dengan kejadian harimau. Padahal waktu itu akhir tahun adalah moment penting bagi wisata di Pagaralam. Pak Gubernur sangat intens memulihkan ini dan ikut promosi. Itu luar biasa. Apalagi sekarang harimau yang cukup meresahkan itu sudah tertangkap. Ini saatnya kami mengajak pengunjung kembali datang ke Pagaralam,” ujarnya.

Pengelola Rizal Camping Ground, Revi mengungkapkan. Sejak dilakukan soft opening 4 bulan lalu antusias warga ke objek wisata baru ini diakuinya cukup banyak.

“Kami sangat  bersyukur Pak Gubernur bisa hadir disini. Saat ini tentu masih banyak kekurangan disana-sini karena daerah ini masih terisolir. Terutama listrik dan jaringan seluler. Semoga dengan kehadiran Pak Herman Deru semua kekurangan ini bisa segera teratasi,” katanya.

Selain meresmikan wahana wisata baru, HD dan rombongan sempat menikmati suasana di area camping yang masih sangat alami, sejuk dan segar. Sambil mendengarkan suara air yang mengalir di bibir tempat camping, rombongan ini juga tampak asyik menikmati buah durian. Bahkan sebelum menutup acara, Gubernur Sumsel dan Walikota Pagaralam sempat melakukan penanaman bibit pohon di sekitar lokasi camping.

Comments