FKUB Muba Gelar Dialog Tokoh Lintas Agama dan Pemerintah

DIALOG

Tabloid-DESA.com SEKAYU – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar kegiatan Dialog Tokoh Agama dan Pemerintah di Ruang Rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Sekayu, Rabu (06/12 ). Kegiatan ini diikuti 18 peserta yang terdiri dari Tokoh-Tokoh Agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu, Pengurus FKUB Kabupaten Musi Banyuasin, Polres Muba serta Badan Kesbangpol Kabupaten Musi Banyiasin.

Dalam arahannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Musi Banyuasin H. M. Soleh Na’im, SE, MM mengatakan harapannya agar Tokoh-Tokoh Agama dapat berperan aktif untuk mewujudkan Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Kabupaten Zero Konflik.

Lebih lanjut beliau mengatakan dalam beberapa waktu kedepan Kabupaten Musi Banyuasin khususnya maupun Provinsi Sumatera Selatan umumnya akan menghadapi beberapa Iven baik yang bersekala Regional, Nasional maupun Internasional diantaranya Perayaan Natal dan Tahun baru, Asian Games 2018, Pilkada Serentak 2018, serta pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, Untuk itu ia mengharapkan FKUB dan Tokoh-Tokoh Agama ikut mensukseskan iven-iven tersebut tegasnya.

Senada dengan itu, Kasat Binmas Polres Musi Banyuasin AKP. M. Ikang Ade Putra, S. IK dalam paparannya mengenai situasi dan kondisi Kamtibmas di Kabupaten Musi Banyuasin mengharapkan Kabupaten Musi Banyuasin tidak tersentuh sedikitpun oleh pihak- pihak yang dapat mengganggu Kerukunan Umat Beragama atau Provokator, mengingat catatan konflik khususnya di bidang keagamaan yang sangat minim di Kabupaten Musi Banyuasin.

Selanjutnya Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kab. Musi Banyuasin Drs. H. Ahmad Yani, MM memandu diskusi antar Tokoh Agama yang pada akhirnya menghasilkan kesepakatan bersama berupa :

Deklarasi Bersama Tokoh-Tokoh Agama dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk mewujudkan Kabupaten Musi Banyuasin Sebagai Kabupaten Zero Konflik, serta dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018, Pilkada Serentak 2018, dan Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019

  1. Berkomitmen membangun dan menjaga suasana kerukunan umat beragama di Kabupaten Musi Banyuasin.
  2. Berkomitmen untum mnyelesaikan segala bentuk permasalahan terkait Tri Kerukunan Umat Beragama dengan mengedepankan Prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
  3. Berkomitmen menolak segala bentuk politisasi agama, provokasi yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan atau kegiatan keagamaan yang berpotensi dapat mengganggu Tri Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Musi Banyuasin.
  4. Berkomitmen untuk berperan aktif mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018, Pilkada Serentak 2018, dan Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, demi terciptanya suasana yang kondusif di Kabuparen Musi Banyuasin.

Dialog antar tokoh agama tersebut diakhiri dengan penandatangan kesepakatan bersama oleh semua peserta yang hadir.

Comments

comments