Festival Embung Ramadhan Gairahkan Ekonomi Pedesaan

EMBUNG

Tabloid-DESA.com PANDEGLANG Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Festival Embung Ramadan di Embung Ranca Anis, Desa Muruy, Pandeglang, Banten, Sabtu (26/5). Kegiatan yang digelar bekerjasama dengan Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) ditujukan untuk mendorong munculnya aktivitas ekonomi masyarakat desa di lingkungan embung.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT, Taufik Madjid mengatakan, festival yang digelar tersebut menjadi bukti bahwa pembangunan embung dapat menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Beragam kegiatan yang digelar pun menjadi daya tarik tersendiri agar masyarakat ramai-ramai berkunjung ke embung.

“Kegiatan Festival Embung Ramadan yang diselenggarakan Jurnalis Mancing Indonesia ini merupakan contoh bahwa embung memiliki banyak fungsi bagi warga. Festival ini menggairahkan roda masyarakat desa,” katanya.

Sejumlah kegiatan yang digelar pada festival ini yakni lomba memancing, lomba melukis, lomba mewarnai, lomba memasak ikan, peresmian taman bacaan, bakti sosial serta pengobatan gratis. Kegiatan lomba mancing sendiri mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat sekitar. Tercatat ada 147 peserta lomba mancing yang mengikuti festival ini.

“Inilah mengapa pembangunan infrastruktur embung di pedesaan menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Selain sebagai pengairan sawah, embung juga diharapkan dapat menjadi pusat rekreasi, pusat olahraga, dan tempat aktivitas warga lainnya. Ini bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi warga di sekitar embung,” sambung Taufik.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, merasa tersanjung dengan pemilihan Embung Ranca Anis sebagai lokasi pelaksanaan Festival Embung Ramadan yang pertama. Irna mengatakan, sinergi antara Kemendes PDTT dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah berjalan baik. Dirinya pun berharap sinergi tersebut dapat membuat Pandeglang keluar dari status daerah tertinggal.

“Kami terus berikhtiar supaya status tertinggal segera lepas dari Pandeglang dan masyarakat kami meningkat taraf hidupnya,” ujarnya optimistis.

Embung Ranca Anis diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Oktober tahun lalu. Peresmian sekaligus ditandai dengan melepaskan benih ikan ke dalam embung. Presiden menargetkan terbangun 30 ribu embung di desa-desa di Indonesia. Turut hadir pada kegiatan Festival Embung Ramadan ini yakni Direktur Utama PT. Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dan jajaran Muspida Pandeglang.

Comments

comments