• Home »
  • BERITA »
  • Danramil Pesantren: Hormatilah Wanita, Karena Dari Rahim Seorang Ibu Kita Dilahirkan

Danramil Pesantren: Hormatilah Wanita, Karena Dari Rahim Seorang Ibu Kita Dilahirkan

hormat3 Tabloid-DESA.com KEDIRI – Komunikasi sosial dengan masyarakat yang diadakan Koramil Pesantren, diadakan selisih satu hari peringatan hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 atau hari minggu kemarin. Kegiatan ini diadakan di gedung serba guna Kelurahan Betet, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, dan sebagai pembicara utama Danramil Pesantren Kapten Kav Puguh Bintarto. Senin (22/4/2019).

Komunikasi sosial kali ini mengangkat tema “Melalui silaturahmu dengan komponen masyarakat, kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam ranga membantu kesulitan rakyat, serta menjaga dan mempertahankan kedualatan NKRI.”

Dalam pesannya Danramil Pesantren Kapten Kav Puguh Bintarto menjelaskan, bahwasannya tidak bisa dipungkiri membawa dampak dalam perjalanan sejarah, khususnya bagi kaum hawa. Hari yang ditandai dan diperingati tersebut, tidak lepas dari bukti perjuangan perempuan Indonesia untuk berperan dalam segala bidang, dari ketidakseimbangan gender dimasa lalu, merangkak naik namun pasti, dari masa ke masa beberapa tokoh perempuan bermunculan.

hormat4

“Hari Kartini merupakan refleksi atas keberadaan dan peran sosok perempuan di berbagai sektor, baik pemerintahan maupun lembaga, organisasi atau badan yang langsung terkoneksi dengan masyarakat,” jelasnya.

Merujuk pada catatan sejarah, negeri ini pernah dipimpin sosok wanita, yaitu Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden Republik Indonesia ke-5. Semasa kepemimpinannya, banyak hal yang dilakukannya untuk bangsa ini, dan semuanya dilakukan dengan langkah pasti namun terukur.

Di Pemerintahan sekarang, Retno Lestari Priansari Marsudi sebagai Menteri luar negeri, Susi Pujiastuti sebagai Menteri kelautan dan perikanan, Puan Maharani sebagai Menko pembangunan manusia dan kebudayaan, Nila F.Moeloek sebagai Menteri kesehatan, Yohana Susana Yambise sebagai Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN dan Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri lingkungan hidup dan kehutanan, mereka adalah putri-putri terbaik bangsa yang mendedikasikan dirinya untuk kepentingan Rakyat Indonesia.

Public figure yang layak diteladani, sebut saja Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, sosok yang satu ini benar-benar menjadi tokoh yang tidak saja disegani bagi warga Surabaya, namun diberbagai daerah mengenal betul wanita pemberani yang satu ini. Ketegasannya mengawal, sekaligus menegakkan peraturan Pemerintah Pusat dan Daerah, dilakukan tanpa pandang bulu, serta pelayanan publik menjadi prioritas utamanya.

hormat5

“Masih banyak putri-putri terbaik bangsa ini yang menorehkan tinta emas dalam perjalanan sejarah, dan masih banyak lagi yang menunggu pada waktunya bakal bersinar, mereka adalah generasi millennial,” kata Kapten Kav Puguh Bintarto.

Berdasarkan buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang ditulis langsung R.A.Kartini dan dibukukan J.H. Abendanon berjudul “Door Duisternis Tot Licht”, memberi sinyal sekaligus tanda bagaimana upaya perempuan di masa lalu untuk bangkit dari kesenjangan dan meraih kesetaraan.

“Sudah sewajibnya kita menghormati dan menghargai peran perempuan, sekaligus mengakuinya. Selain berperan dalam segala bidang dinegeri ini, perempuan adalah ibu dari anak-anaknya, sekaligus orangtua, dan dari rahim merekalah kita dilahirkan,” pungkas Kapten Kav Puguh Bintarto.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari Kecamatan Pesantren dan Polsek Pesantren, Ketua RT / RW se-Kelurahan Betet, perwakilan pegawai Kelurahan se-Kecamatan Pesantren, serta tokoh agama / masyarakat se-Kecamatan Pesantren.

Comments

comments