Dana Desa Tumbuhkan Spirit Membangun

KADES

Tabloid-DESA.com PAMPANGAN OKI – Keberadaan Dana Desa (DD) menjadi spirit bagi pemerintahan desa dan masyarakat untuk memacu pembangunan berbagai fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat setempat. Berbagai pembangunan yang didanai melalui DD pun mendapat dukungan positif dari warga, spirit itu pula yang dimiliki Pemerintahan Desa Kuro, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), untuk membangun dan membenahi berbagai fasilitas yang dibutuhkan masyarakat.

Aparatur Desa Kuro bersama masyarakat melakukan berbagai inovasi untuk membangun wilayahnya, menurut Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades), Arfan Zakaria, Dana Desa diprioritaskan untuk membangun fasilitas umum dan jalan desa.

“Penggunaan DD tahun 2017 yang dicairkan sebelum hari raya Idul Fitri kemarin saya rasa sudah tepat sasaran karena sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat. seperti pembangunan Gedung TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) yang luas bangunannya 6 x 9 meter,” kata Arfan Zakaria, Selasa (08/08) seperti dikutip oganpost.com.

Tidak hanya itu, lanjut Arfan, DD juga digunakan untuk pembangunan jalan rabat beton dengan panjang 200 meter dan lebar 2 meter, box culvert panjang 5 meter dan lebar 3 meter serta pembangunan los pasar seluas 12×3 meter,menurutnya pembangunan los pasar sangat besar manfaatnya dan kondisi pasar juga terlihat lebih rapi, sehingga pedagang dan pengunjung merasa nyaman saat melakukan transaksi di pasar.

“Semua proyek tersebut kita cover dengan anggaran DD, namun demikian seluruh pembangunan fasilitas umum dan infrastruktur tersebut kita godok melalui Musrenbangdes yang telah dilaksanakan pada bulan februari lalu di kediaman Drs. Habib Rasidin saat beliau masih menjabat sebagai Kades,” lanjut Pjs Kades Kuro tersebut dengan gaya merendah.

Ia mengatakan masih akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat,menurutnya dengan kondisi infrastruktur yang layak akan berdampak langsung pada aktifitas warga dan pertumbuhan ekonomi,hal demikian bisa turut meningkatkan kesejahteraan warga.

“Kami selaku aparatur desa akan terus berupaya dengan segenap jiwa raga untuk mewujudkan kemajuan dan kenyaman masyarakat kami pun berharap partisipasi masyarakat yang sudah sedemikian besar bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara, Denan (48) warga setempat merasa bersyukur atas pembangunan yang saat ini terus dilakukan di desanya,dia beserta warga lainnya akan terus berpartisipasi baik dalam hal membangun ataupun menjaga pembangunan yang hampir rampung tersebut.

“Ya Alhamdulillah sekali, dengan dilakukannya pembangunan di desa Kuro ini, kami selaku warga telah merasakan manfaatnya, kami berharap dengan adanya pembangunan ini desa kami dapat menjadi desa yang maju, semoga dalam hal ini setelah pembangunan selesai atau rampung, desa kami akan terus membangun dengan memanfaatkan Dana Desa dengan sebaik mungkin, agar desa Kuro dapat menjadi contoh bagi desa lain untuk memajukan desanya,” harapnya.

Comments

comments