Dana Desa Lubuk Saung Jadi Laptop, Jalan, dan Parit

Desa Lubuk Saung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan sudah mengunakan dana desa untuk pembelian laptop, pembangunan jalan desa dan parit.

PJS Sekdes Lubuk Saung, Abdul Hamid mengatakan, pembelanjaan dana desa berdasarkan hasil Musyawarah Desa dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang di pantau pihak kecamatan Banyuasin III secara langsung.

Beberapa pembelanjaan dana desa yang telah dilakukan yakni, pembelian dua unit Laptop kualitas sedang yang akan dipergunakan mendata kependudukan, seperti tingkat kesejahteraaan masyarakat desa. Menurut Hamid, kalau menggunakan komputer lama sering error.

Hamid menambahkan, Laptop tersebut dinamakan Laptop Dana Desa, agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan desa. Sedangkan perangkat desa yang sudah berusia lanjut dan belum dapat mengoperasikan Laptop dapat belajar dengan pelajar di desa tersebut.

Titik Awal Pembangunan Tahap ke-II menggunakan Dana Desa di Desa Lubuk Saung, Kab: Banyuasin, Sumsel.

Titik Awal Pembangunan Tahap ke-II menggunakan Dana Desa di Desa Lubuk Saung, Kab: Banyuasin, Sumsel.

Alokasi Dana Desa Lubuk Saung lainnya dipergunakan untuk membuat jalan perkebunan desa sepanjang 3 kilometer. Jalan tersebut berguna untuk mengangkut hasil pertanian di desa Lubuk Saung.

Permasalahan air hujan yang kerap masuk ke dalam rumah warga juag menjadi perhatian pemerinath desa Lubuk Saung. Sehingga dana desa tahun ini juga dipergunakan membuat parit desa, agar ketika musim hujan tidak ada lagi air hujan yang masuk ke rumah warga.

Terkait dengan pelaporan penggunaann dana desa, Hamid mengatakan, insyaallah terdokumentasi dengan baik. Pemerintah desa Lubuk Saung sudah mempersiapkan bukti pembelian barang dan jasa serta dokumentasi fisik pengerjaan dana desa.

Guna mengoptimalkan dana desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, Hamid mengatakan, pemeritah desa Lubuk Saung akan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menopang kebutuhan pupuk petani. (@kemendes/red)

Comments

comments