• Home »
  • BERITA »
  • Bupati OKU: Lembaga Kemasyarakatan di Desa Perlu Dipertimbangkan

Bupati OKU: Lembaga Kemasyarakatan di Desa Perlu Dipertimbangkan

OKU3Tabloid-DESA.com BATURAJA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DAPRD), Ogan Komering Ulu (OKU), kembali menggelar Sidang Paripurna 5 April lalu dengan agenda jawaban Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD, dalam pembahasan lima raperda eksekutif dan satu raperda inisiatif DPRD OKU sebelumnya.

Paripurna tersebut dihadiri Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Wakil Bupati OKU, Drs Johan Anuar SH MM, dan dibuk langsung oleh unsur Pimpinan DPRD OKU, Ferlan Yuliansyah Id Murod didampingi unsur pimpinan DPRD OKU lainnya Hj Indrawati.

OKU1

Pada kesempatan ini, Kuryana Azis membacakan jawaban atas raperda inisiatif DPRD Oku yakni tentang pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di desa dan kelurahan, yang sebelumnya diperdengarkan pandangan umum fraksi DPRD yang pada pokoknya setuju lima raperda yang diajukan Pemerintah Kabupaten OKU yaitu tentang Badan Permusyawaratan Desa, Pilkades, Revisi RPJMD, Pengelolaan Barang Milik Daerah, dan Pajak Penerangan Jalan segera dibahas, dan tentunya harus didukung dengan kinerja menyangkut kemampuan keuangan daerah untuk menunjang semua program dan kegiatan yang telah direncanakan demi kemajuan Kabupaten OKU dan masyarakat di dalamnya.

Mengenai Lembaga Kemasyarakatan di desa dan kelurahan, Kuryana Azis, mengatakan inisiatif ini sangat bagus menimbang lembaga tersebut berfungsi sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan, dan demi terwujudnya transparansi di tingkat masyarakat sehingga perlu dirancang kepastian kedudukan, tugas dan fungsi, syarat pembentukan maupun susunan organisasi Lembaga Kemasyarakatan yang dimaksud.

OKU2

Namun, Bupati menambahkan, pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di tingkat kelurahan perlu dipertimbangkan sesuai dengan Permendagri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan. Untuk itulah menyangkut teknis penyusunan dan materi muatan Raperda tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan kiranya dibahas lebih lanjut dalam rapat pansus DPRD yang akan datang.

Bupati juga tak lupa menyampaikan rasa terima kasih atas kritik dan saran pada pandangan umum yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD yang komunikatif selama ini sehingga dapat ia jawab pandangan dan jawaban hari ini, dan rancangan peraturan daerah inisiatif seperti ini sifatnya positif bagi proses pembangunan daerah, ujarnya. (adv)

 

Comments

comments