BUMDes Memperkuat Perekonomian Desa

BUMDES1Tabloid-DESA.com SEKAYU – Guna meningkatkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar pelatihan keterampilan manajemen badan usaha milik desa (BUMDes) se-Muba yang dilaksanakan di hotel Pelangi, Selasa (18/04).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan dan peningkatan pengetahuan, keterampilan dalam mengatur, mengelola serta mempertanggung jawabkan BUMDesa sehingga kedepan BUMDesa di Muba benar-benar transparan, efektif, efisien dan akuntabel sehingga satu desa satu produk di Muba akan terwujud.

Dalam sambutan Plt Bupati Muba H Yusnin yang disampaikan kepala Dinas PMD Drs habibburrahman mengatakan keberadaan BUMDes untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan kemandirian desa. untuk itu, BUMDes diharapkan dapat dikelola dengan baik dan profesional.

“Para pengelola BUMDes harus memaksimalkan kualitas produk dan menampilkan produk unggulan. mengingat keberadaan BUMDes, upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi desa”, ujarnya.

BUMDES2

Beliau juga mengatakan dengan didirikannya BUMDes memberikan harapan baru bagi desa untuk mengelola sebagian besar kehidupan perekonomian desa.
untuk itu, ia meminta peserta yang ikut pelatihan dapat memahami materi yang diberikan oleh narasumber. sehingga nantinya mampu mengimplementasikannya dalam pengembangan usaha dan inovasi ekonomi perdesaan serta terwujudnya desa mandiri.

turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Bappeda, Disdagperind, Diskoperasi UKM, Dispenanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinkes, Disbun, Disperikanan, dan Distanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan.

Comments

comments