Bios 44 Terbukti Meningkatkan Produktivitas Getah Karet

BIOS KARET (1)

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Sektor perkebunan karet merupakan sektor usaha yang dapat diandalkan dibanding perkebunan holtikultura lainnya, karena selain mendapatkan hasil dari getah setiap hari, juga kayu karet yang sudah tidak produktif dapat digunakan sebagai bahan baku mebel. Selain penghasilan secara ekonomi, karet merupakan tanaman pelestari lingkungan yang mampu mengikat molekul CO2 (karbondioksida) yang dibutuhkan makluk hidup sebesar 7 ton dalam setiap satu produksi karet.

Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas perkebunan karet secara berkelanjutan adalah meningkatkan produksi dengan pemupukan yang disertai dengan memperbaiki kondisi lahan salah satunya dengan pemberian Bios 44. Penggunaan Bios 44 akan berdampak tidak saja dapat meningkatkan kadar hara tanah dan produktivitas tanaman karet, juga mengendalikan serangan nematode parasit.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bapak Bambang petani karet di Desa Pedamaran Kec. Pedamaran Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) pada lahan kebun karet miliknya sekitar 1 kapling (2 hektare).

Pada awalnya Bapak Bambang mengenal Bios 44 berkat penyuluhan dari Babinsa Koramil 402-02/Pedamaran Sersan Sutrasno di Desanya yang diikuti oleh para petani karet di wilayah tersebut. Dalam keterangannya, Sersan Sutrasno menjelaskan bahwa ide awal munculnya Bios 44 yang diciptakan Korem 044/Gapo adalah dalam rangka mencegah kebakaran di lahan gambut yang sering terjadi di wilayah Sumsel, kali ini Bios 44 telah berkembang yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan digunakan untuk mengurai tanah tandus bekas tambang menjadi lahan subur.

Usai menerima sosialisasi oleh Babinsa, para petani karet dari Desa Pedamaran mendapat bantuan Bios 44 dari Korem 044/Gapo masing-masing petani mendapat dua jirigen termasuk Bapak Bambang, Bios 44 tersebut disemprotkan disekitar batang karet miliknya hingga merata. Setelah beberapa hari karet miliknya terlihat ada perubahan, dimana daunnya terlihat hijau dan rimbun, batang kuat serta getah yang dihasilkan meningkat.

“Na ini hasilnya nian pak, terbukti terlihat daun karet hijau dan rimbun, batang subur dan getah meningkat, yang semula sebelum pakai Bios 44 sekali takok hanya seperempat mangkuk perbatang, kini setelah pakai Bios 44 sekali takok getahnya nyampai setengah mangkok,” ungkap Pak Bambang.

Comments

comments