Bentuk Tim Khusus Tangani Desa Perbatasan

TIM1

Tabloid-DESA – Dalam rangka menindaklanjuti surat dari masyarakat Desa Rantau Keroya Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Musi Bayuasin mengadakan rapat yang dipimpin langsung oleh Asisten I Setda Muba, H Rusli SP MM turut hadir Asisten II dan III Setda Muba serta dinas dan instansi terkait, di ruang rapat Randik, Senin (28/11).

Disampaikan oleh Asisten I Setda Muba, bahwasannya isi dari surat tersebut mengenai tuntutan dari masyarakat Desa Rantau Keroya Kecamatan Lais perihal keluhan terhadap pemerintah yang meliputi bidang transportasi, kesehatan, pendidikan, pembangunan desa, pelayanan penerangan listrik, pelayanan KTP dan KK, serta pengajuan pembangunan gedung sekolah.

Apabila tuntutan mereka tidak ditanggapi maka masyarakat akan mengajukan untuk pindah masuk ke daerah Kabupaten tetangga, dan masyarakat akan mengadakan aksi demo besar-besaran hingga ke tingkat provinsi.

“Menanggapi isi surat tuntutan masyarakat tersebut, maka kita Pemkab Muba harus segera melakukan tindakan sebelum hal yang tidak diingin terjadi, maka tujuan dari rapat hari ini yaitu kita jajaran Pemkab Muba harus melihat dan menyikapi isi surat tersebut dengan segera membentuk tim khusus untuk langsung mengecek ke lapangan, apakah benar atau tidaknya kondisi yang dilaporkan masyarakat tersebut, selanjutnya kita berkoordinasi untuk lakukan tindakan yang cepat,” tukasnya.

Lanjutnya, “Permasalahan seperti ini menjadi pelajaran bagi kita jajaran Pemkab Muba, kedepan untuk mengantisipasi kita harus membentuk tim khusus dalam menangani desa-desa yang berada di perbatasan daerah Kabupaten Muba,” ujar Rusli.

Sementara itu, Asisten II Setda Muba, Ir Sulaiman Zakariah MT menghimbau agar dinas/instansi terkait yang termasuk dalam bidang tuntutan tersebut ikut terlibat dalam pembentukan tim khusus ini.

“Langkah awal ini akan dibuatkan surat tugas, kemudian adakan rapat di kecamatan  dengan mengundang kepala Desa Rantau Keroya dan selanjutnya kita langsung mengecek ke lapangan, jangka panjangnya ialah merealisasikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat,” tutupnya.

Comments