Bentuk Kelompok Pencegahan KDRT

PKK1Tabloid-DESA.com TUNGKAL JAYA – Secara maraton usai di Kecamatan Bayung Lencir, Ketua beserta pengurus TP PKK Kabupaten Muba melanjutkan kegiatan Pembinaan pada TP PKK Kecamatan Tungkal Jaya yang meliputi 16 Desa/Kelurahan, bertempat di Kantor Camat Kecamatan Bayung Lencir, Senin (13/11).

Ketua TP PKK Kabupaten Muba, H Thia Yufada Dodi Reza mengatakan, guna mencegah tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di setiap Desa/Kelurahan hendaknya Kecamatan Tungkal Jaya membentuk Kelompok Pencegahan KDRT, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dan pihak aparat terkait di wilayah masing-masing desa/kelurahan.

PKK4

“KDRT harus dihindari karena bisa mengancam keselamatan hidup seseorang, baik itu seorang Suami, seorang Istri maupun anaknya, sangat besar pengaruh bagi pola fikir anak-anak, tentunya KDRT bisa dihindari apabila setiap angota didalam rumah tangganya  bisa mengontrol atau mengendalikan emosinya ,“ ujarnya.

Oleh karena itu, Thia mengingatkan, perlunya dihidupkan dan dipelihara rasa saling menyayangi, rasa saling peduli dan rasa saling menghormati antara satu anggota keluarga dengan yang anggota keluarga lainnya.

“Sadari betul, bahwa tindakan kekerasan dalam bentuk apapun, bukanlah cara untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan antara Suami dengan Istri atau masalah yang terjadi antara orangtua dengan anak-anak,” ingatnya.

PKK3

Thia mengajak kepada seluruh warga masyarakat di Bumi Serasan Sekate untuk menjaga agar dilingkungan tempat tinggal masing-masing jangan sampai ada yang menjadi korban KDRT.

“Kita berkewajiban melaporkan kepada pihak berwajib, apabila ada seseorang melakukan KDRT terhadap anggota keluargannya, “ tandasnya.

Sementara itu,  Ketua TP PKK Tungkal Jaya, Ernawati Irawan mengatakan melalui Pokja PKK telah memprogramkan kegiatan yang berkaitan dengan PKDRT.

PKK2

“Kita telah melakukan gerakan langsung dengan membentuk kelompok-kelompok simulasi disetiap jenjang PKK, namun belum efektif dikarenakan kondisi masyarakat setempat yang masih tertutup terhadap permasalahan keluarga masing-masing, “ kata dia.

Comments

comments