Belajar Kewirausahaan, IMMUBA Produksi Makanan Ringan

IMMUBA

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) patut bangga, pasalnya pemuda-pemudinya yang sedang menempuh pendidikan di Kota Palembang yang terhimpun dalam Ikatan Mahasiswa Musi Banyuasin (IMMUBA) telah mampu membuat program kewirausahaan secara mandiri dengan memproduksi makanan ringan dengan nama branding Tusuk Gigi Kuyung Kupik.

“Tusuk gigi ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan, telur dan garam. Untuk penyedap rasanya cukup dengan di tambahkan penyedap rasa yang ada di pasaran”, ujar Rasmillah selaku Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan IMMUBA.

Rasmillah mengatakan makanan ringan yang dibuat oleh para mahasiswi asal Muba ini, sementara baru menyajikan rasa original dan direncananya kedepan akan dibuat dalam varian rasa yang lebih variatif.

Ketika ditanya modal produksinya, mahasiswi ini mengatakan cukup dengan dana Rp 200.000 yang berasal dari uang kas sudah dapat menghasilkan 40 kemasan. “Setiap kemasan berisi 50 gram, di bandrol dengan harga sebesar Rp 5.000, sedangkan kemasan 100 gram dengan harga Rp 10.000. Keuntungan yang didapat sekitar 70% dari modal awal. Keuntungan itu disamping dijadikan modal untuk pengembangan usaha juga untuk membantu biaya operasional kegiatan IMMUBA”, ujar mahasiswi fakultas dakwah dan komunikasi UIN Raden Fatah Palembang ini.

Terkait pangsa pasar, tusuk gigi ini dijual setiap malam minggu di Sudirman Walk dan biasanya pembelinya dari kalangan orang tua dan anak muda. “Kami menjualnya disini karena tempatnya strategis dan saat ini Sudirman Walk telah menjadi objek wisata malam yang ramai dikunjungi. Kami berjualan disini juga sambil mempromosikan seni budaya dan hal-hal positif lainnya tentang Muba”, kata mahasiswi berhijab yang sedang menimbah ilmu di jurusan komunikasi penyiaran islam ini.

Rasmillah menambahkan bahwa program pengembangan Kewirausahaan ini memiliki tujuan untuk memotivasi anggota IMMUBA dalam berwirausaha dengan target 1 mahasiswa 1 usaha dan Ia berharap program ini dapat didukung oleh Pemkab Muba.

“Kami sangat membutuhkan adanya pembinaan dari perangkat daerah terkait, sehingga kami dapat mengembangkannya program wirausaha ini dan nantinya dapat menjadi bekal bagi kami untuk menciptakan peluang kerja setelah menyelesaikan pendidikan”, pungkas pemudi asal Kecamatan Keluang yang mempunyai hobi membaca dan menulis karya ilmiah maupun fiksi ini.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba, Dicky Meiriando, ketika diwawancarai saat berkunjung ke Sekretariat IMMUBA, senin kemarin (19/3/2018) di Palembang, mengatakan akan mendukung program kewirausahaan IMMUBA.

“Ini hal positif yang memang kita harapkan dari mahasiswa-mahasiswi Muba, oleh karena itu harus didukung. Saya akan menyampaikannya kepada Bapak Bupati Muba dan menjembatani keinginan adanya pembinaan kewirausahaan bagi anggota IMMUBA dari perangkat daerah terkait,” ujar Dicky.

Comments

comments