Banjir Terus, Tahun Depan Bupati Janji Relokasi

BANJIR3Tabloid-DESA.com SUNGAI KERUH – Korban banjir di Desa Kertajaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) langsung mendapat perhatian dari Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, meski di hari libur, Minggu (24/12) mantan anggota DPR RI dua periode ini turun langsung menjenguk dan meninjau lokasi banjir. 

Mengenakan kemeja berwarna coklat lengkap dengan topi, putra sulung Gubernur Sumsel Alex Noerdin ini menyambangi satu persatu korban banjir di Desa Kertajaya. Dodi mengaku, banjir tersebut terjadi dikarenakan kondisi geografis wilayah Muba, dan  banyak masyarakat yang tinggal di pinggir sungai.

BANJIR1

“Nah, inilah yang menjadi prioritas kita yang mana daerah yang sudah kategori merah, akan diusulkan relokasi dengan melalui kajian-kajian. Sedangkan daerah yang berbeda geografisnya bisa dilihat kasusnya adakah sungai tersumbat, atau akibat hujan air tidak mengalir,” tegasnya.

Lanjutnya, khusus di daerah Kertajaya tentu akan dilakukan kedepannya normalisasi serta membuat titik-titik embung, agar mengurangi dampak banjir yang puluhan tahun sering terjadi. “Ini sudah jadi prioritas Pemkab Muba,” ungkapnya.

Sementara itu, kehadiran orang nomor wahid di bumi Serasan Sekate ini membuat warga Desa Kertajaya terkejut, tak pelak satu persatu warga pun menyampai keluhannya langsung ke Bupati Muba.

Misalnya saja yang dikeluhkan Yusran warga Desa Kertajaya, ia mengaku semenjak banjir dirinya terpaksa tidak bekerja untuk menyadap karet. Padahal, sebagian besar warga Desa Kertajaya pekerjaannya petani karet, sehingga kalau tidak nyadap karet akan kesulitan untuk makan.

“Alhamdulillah pak Bupati cepat tanggap dan langsung meninjau dan memberikan bantuan. Kami minta solusi dari Bapak Bupati,” keluhnya.

BANJIR4

Hal senada juga dikeluhkan Asnawi warga setempat, yang meminta solusi untuk mengurangi dampak banjir yang setiap tahunnya terjadi. “Kami meminta kepada Bupati serta jajaran untuk bisa menanggulangi bencana banjir yang setiap tahun, apalagi masuk musim penghujan,” ungkapnya.

Diketahui, saat ini korban banjir telah disiapkan posko kesehatan oleh Dinas Kesehatan Muba. Tidak hanya itu, dalam kesempatan kunjungan Bupati Muba juga menyerahkan bantuan paket sembako dan kebutuhan masyarakat yang terkena dampak banjir.

Comments

comments