• Home »
  • BERITA »
  • Antisipasi Paham Radikalisme, Pemkab Muba Dengar Arahan Kabinda Sumsel

Antisipasi Paham Radikalisme, Pemkab Muba Dengar Arahan Kabinda Sumsel

ARAHAN1Tabloid-DESA.com SEKAYU – Untuk mengantisipasi adanya paham radikalisme menyerang lingkungan masyarakat, jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mendengarkan arahan dari Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Sumatera Selatan Brigjen TNI H Edmil Nurjamil SE MM, di Auditorium Pemkab Muba, Kamis (21/12/2017).

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi pada kesempatan tersebut mengatakan menyambut baik kegiatan itu, dan melaporkan bahwa kondisi keamanan masyarakat di Bumi Serasan Sekate tetap kondusif.

“Hingga saat ini kabupaten kita tetap kondusif tidak ada terjadinya konflik antar masyarakat ataupun etnis. Walaupun kabupaten kita berada diantara dua kota yang berkembang yakni Palembang dan Jambi kerawanan tindak kriminal tentu pasti ada tapi tidak ada masalah yang berarti,” tutur Beni.

ARAHAN3

Adapun arahan Kabinda Provinsi Sumsel terkait mengantisipasi terjadinya paham radikalisme-terorisme di Muba, ia berpesan agar pencegahan dimulai dari kades, camat dan pemerintah daerah.

“Dengan telah masuknya paham radikal yang merupakan sumber dari terorisme, maka masyarakat harus mampu mencegah, menolak dan melawan masuknya paham radikal disekitar kita,” ujarnya.

Lanjut Kabinda, ada beberapa upaya yang harus dilakukan untuk mencegah paham radikalisme, diantaranya menyerukan ajakan damai, menjaga toleransi, mengutamakan dialog atar agama, tidak mengikuti paham yang tidak sesuai kepribadian bangsa, kemudian masyarakat berpegang teguh kepada empat pilar kebangsaan (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI), dan laporkan kepada aparat bila menemukan hal yang mencurigakan terkait radikalisme.

ARAHAN2

“Dengan upaya itu diharapkan masyarakat waspada terhadap masuknya paham radikal melalui gadget dan media sosial serta ajaran guru agama radikal.  Masyarakat tidak menjadi simpatisan dan terpedaya dengan janji-janji kelompok radikal,” imbuh mantan Paspampres tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi SIP, Kepala Badan Kesbangpol Muba H Soleh Naim, serta FKPD dan Perangkat Daerah Muba.

Comments

comments