• Home »
  • BERITA »
  • Antisipasi Karhutbunla, Kodim 0406/Mura Gelar Latihan Gladi Posko I

Antisipasi Karhutbunla, Kodim 0406/Mura Gelar Latihan Gladi Posko I

POSKO06 (4)

Tabloid-DESA.com MURA – Bertempat di Auning Markas Kodim 0406/Mura Kota Lubuklingau, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. yang diwakili oleh Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol Czi Sri Hartono, S.E. membuka latihan Gladi Posko Tahap I TA 2018 Kodim 0406/Mura dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah, Rabu (16/5).

Geladi Posko I merupakan kegiatan latihan yang telah diprogramkan oleh Komando Atas, serta dijabarkan dalam Program Kerja Korem 044/Gapo. Latihan ini merupakan latihan lanjutan dari latihan-latihan sebelumnya yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Adapun tema yang diambil dalam latihan kali ini adalah ”Kodim 0406/Mura melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Kabupaten Mura, Muratara dan Kota Lubuk Linggau dalam rangka penanggulangan bencana alam Korem 044/Gapo”.

POSKO06 (3)

Dalam sambutan tertulis Danrem 044/Gapo yang dibacakan oleh Pimpinan Acara Dandim 0405/Lahat Letkol Czi Sri Hartono, S.E. menyampaikan, bahwa latihan Gladi Posko selain untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf, sekaligus juga sebagai sarana bagi seorang Komandan Satuan untuk melihat seberapa jauh penguasaan prosedur hubungan Komandan dan Staf yang di miliki oleh Staf Kodim.

“Latihan Posko adalah salah satu metoda latihan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodalops untuk menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang terjadi,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games di Jakarta dan Palembang. Presiden Joko Widodo berpesan supaya saat perhelatan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. “Kita sebagai tuan rumah Asian Games 2018, pada saat perhelatan jangan sampai ada asap akibat Karhutla. Kita harus bekerja keras agar Asian Games dapat lancar tanpa terganggu masalah Karhutla,” jelasnya.

POSKO06 (1)

Hadir dalam acara pembukaan latihan Geladi Posko I Kodim 0406/Mura kali ini diantaranya Kepala BPBD Kab. Musi Rawas dan Kab. Muratara, Kasat Pol PP Kota Lubuklinggau, Kepala PBK Kota Lubuklinggau, Kepala Dinas Perkebunan, Pertanian dan Kehutanan Kab. Musi Rawas, Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Wakapolres Lubuklinggau, Kasiops Korem 044/Gapo dan para Pasi Korem 044/Gapo.

Comments

comments