Alih Fungsi Lahan Ganja ke Cabe Rawit Putih Produktif

TANAM

Tabloid-DESA.com ACEH BESAR – Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS Mayor Inf Issukandar, S.Ag mewakili  Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosadriyanto, S.IP, menghadiri acara tanam perdana alih fungsi lahan ganja yang aktif ke cabe rawit putih produktif, bertempat di Desa Blang Tingkem Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar, Senin (16/10). 

Acara tanam perdana tersebut, merupakan tanam perdana alih fungsi lahan ganja yang aktif ke cabe rawit putih produktif, dimana lahan yang akan ditanami tersebut dulunya merupakan bekas ladang ganja aktif, yang diketemukan atas laporan warga masyarakat setempat, atas ijin dari berbagai pihak serta atas koordinasi dengn Keuchik Blang Tingkem, lahan tersebut akan dikelola oleh Kelompok Tani Berawang Jaya untuk digarap kembali menjadi lahan cabe rawit putih produktif.

Pasiter Kodim 0101/BS mengatakan bahwa, Sesuai koordinasi dengan berbagai pihak lahan tersebut akan dikelola oleh Kelompok Tani Berawang Jaya yang diketuai oleh Saudara Munadi, lahan bekas ladang ganja ini akan di tanami kembali dengan cabe rawit putih produktif, dengan bibitnya didukung oleh Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, dan hasilnya nanti akan mendukung kesejahteraan taraf hidup masyarakat Desa Blang Tingkem Kecamatan Seulimum.

Lanjut Pasiter mengatakan, Kodim 0101/BS akan membantu pengawasan fisik tanaman dan pemberian pemahaman kepada masyarakat sekitar lahan melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat, sehingga keberlangsungan tanaman itu lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat.

”Kami siap untuk mengawasi agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik, dan tidak ada yang merusak bibit yang sudah ditanam secara serentak ini,” ucap Pasiter.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Para Muspika Kecamatan Seulimum, para Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan mewakili Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan Kabupaten Aceh Besar, Kabid Peternakan mewakili Kadis Peternakan Kabupaten Aceh Besar, Kabid Pertanian mewakili Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Ketua Kelompok Tani Berawang Jaya, Pak Keuchik serta Masyarakat Desa Blang Tingkem. Mengakhiri acara tersebut, dilakukan penanaman bibit cabe rawit putih secara serentak oleh seluruh unsur pejabat yang hadir dalam acara tersebut.

Comments

comments