• Home »
  • BERITA »
  • Ahmad Rizal, Komite BPH Migas Jalin Sinergi dengan Para Pemred Media Massa di Palembang

Ahmad Rizal, Komite BPH Migas Jalin Sinergi dengan Para Pemred Media Massa di Palembang

PEMRED

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Komite Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Ir. H Ahmad Rizal, S.H.. M.H., FCBArb menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan para Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa di Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (12/6) malam.

Acara buka bersama tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menjalin sinergi antara BPH Migas dengan  semua media massa yang ada di Palembang.

Hadir pada kesempatan tersebut Pemimpin Redaksi Sriwijaya Post, Hadi Prayogo, Pemred Tribun Weni Ramdiastuti, Pemred Sumatera Ekspres Nurseri, Pemred Berita Pagi Iman Handiman, Pemred Swarnanews.co.id, Sarono P Sasmito, Oktaf Riadi Ketua PWI Sumsel, Maspriel Aris Republika, Erlina Palembang Pos, Maya Radar Palembang, Abdul Aziz Kamis Tabloid Desa dan Dinda Bisnis Indonesia.

Pada obrolan santai Ahmad Rizal pada kesempatan itu mengemukakan tentang fungsi dan peran BPH Migas saat ini yang makin signifikan. Bahkan menghadapi Idul Fitri 1439 Hijrah ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membentuk posko nasional untuk hari raya Idul Fitri tahun ini.

BPH Migas dalam hal ini tidak hanya mengkoordinasikan terkait penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) saja, tetapi seluruh sektor ESDM lainnya, antara lain kelistrikan, elpiji, dan bahan bakar gas (BBG). Kemudian objek vital hulu dan hilir migas termasuk juga pemantauan potensi bencana gunung api dan geologi lainnya.

pemred2

Menurut Ahmad Rizal Tim Posko Nasional ini terdiri dari anggota BPH migas juga beberapa sektor ESDM, Badan Geologi,   PLN,  PGN, Pertamina, dan Aneka Kimia Raya (AKR). “Intinya kami koordinasi semua sektor di BPH Migas,” ujar pria yang pernah menjadi Ketua Kadin Sumsel ini.

Sebagai realisasinya BPH Migas melakukan pantauan lapangan pada periode sebelum Lebaran Idul Fitri 1439 H,  termasuk selama masa cuti bersama pada  lokasi-lokasi yang diprediksi akan mengalami peningkatan arus lalu lintas dan konsumsi BBM, untuk kesiapan jalur pendistribusian dan ketahanan stok BBM di lokasi tersebut.

Di samping itu, tambah pria yang juga hakim arbitrase ini  BPH Migas dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) juga telah meneken kontrak kerjasama tentang pertukaran data konsumsi penggunaan dan pendistribusian BBM di Pemprov Sumsel.

Menurut dia saat ini berdasarkan laporan yang ada secara nasional ada 200 badan usaha umum dan hanya 20 badan usaha di Sumsel, namun diduga banyak yang tidak membayar PBBKB dan melaporkan ke Bapenda Sumsel.

Dengan adanya kerjasama Bapenda Sumsel dengan BPH Migas diharapkan terjadi pertukaran informasi tentang data transaksi penjualan badan usaha sehingga apabila badan usaha tidak atau belum membayar PBBKB-nya, maka dengan data tersebut Bapenda dapat menindaklanjutinya dengan melakukan tagihan kepada badan usaha yang melakukan transaksi penjualan BBM di wilayah Provinsi Sumsel.

Ditambahkan  Rizal jika badan usaha umum ini memiliki pengaruh  terhadap pendapatan BPH Migas dan setoran BPH Migas ke negara. Sebab setiap badan usaha diwajibkan memberikan iuran. Jadi kalau datanya berbeda maka akan berbeda pula laporan keuangannya nanti.

Jadi kalau data transaksi yang diberikan pengusaha valid  maka nilai uang yang bakal disetor ke negara juga naik.

“Jika laporan badan usaha valid, maka PAD daerah juga naik oleh karena itu kami menjalin kerjasama dengan Bapenda Sumsel dengan harapan dapat menaikkan PAD yang banyak manfaatnya bagi daerah dan  hasilnya akan dikembalikan lagi pada negara untuk kemakmuran rakyat,” ujarnya.

Kerjasama ini menjadi yang pertama di Indonesia. Biasanya daerah lain hanya sebatas bertanya saja berapa data badan usaha umum tapi belum ada kerjasama. Kalau sudah ada kerjasama maka bisa didapat data lengkap dan konkritnya.

Pada kesempatan itu Rizal juga menawarkan untuk menjalin kerjasama liputan ketika BPH Migas melakukan kunjungan dan pemantauan lokasi di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Menerima tawawan tersebut para pemred menyatakan antusias untuk mengikuti dan mengekspos berbagai kiprah dan kinerja yang dilakukan oleh BPH Migas sehingga makin diketahui peran signifikannya di tengah masyarakat.

 

Comments

comments