Agung Firman Sampurna Ketua IKA UNSRI 2017-2022

Foto(Ist): Ketua Umum IKA UNSRI Periode 2017-2022, DR. Agung Firman Sampurna.

Foto(Ist): Ketua Umum IKA UNSRI Periode 2017-2022, DR. Agung Firman Sampurna.

Tabloid-DESA.com PALEMBANG–Agung Firman Sampurna terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya, (UNSRI) periode 2017-2022, pada musyawarah nasional IKA Unsri Palembang, sabtu (2/12/2017).

Agung menggantikan ketua sebelumnya Marzuki Alie, setelah sebelumnya beberapa orang kandidat mengundurkan diri dan tidak bersedia untuk dicalonkan. Terpilihnya Agung karena dinilai bisa membawa IKA Unsri lebih maju. Dalam kata sambutannya, Agung Firman mengatakan, dirinya akan bersinergi dengan IKA Fakultas untuk membangun keberadaan IKA UNSRI hingga lebih maju.

“Saya dan pengurus nantinya akan bersinergi dengan IKA Fakultas, dan bekerjasama serta saling membantu untuk memajukan almamater,” kata Agung.

Agung berkomitmen ingin menjembatani antara Unsri dengan lembaga luar, sehingga dapat memberikan saling keuntungan. Misalnya menyediakan peluang beasiswa dan hasil research dari Unsri untuk lembaga lembaga atau perusahaan industri .

Sementara, sekretaris Panitia pelaksana Munas IKA UNSRI, Rahman Zeth mengatakan, acara pemilihan dan penetapan ketua umum terpilih IKA UNSRI telah berlangsung dengan sukses.

“Alhmadulillah sudah terpilih secara aklamasi Agung Firman Sampurna sebagai ketua IKA UNSRI periode 2017-2022,” ujar Rahman Zeth.

Menurut dia, dalam proses pemilihan yang berlangsung sore tadi, terdapat beberapa orang nama yang masuk dalam pencalonan yakni Marzuki Alie, Agung Firman Sampurna, Isma Yatun, Eddy Santana Putra, Prof. Annies Saggaff, dan Toni Panggar Besi.

“Marzuki Alie mundur, Toni selaku ketua panitia tidak mau mencalonkan diri, Eddy Santana Putra banyak kesibukan, sedangkan Isma Yatun menyerahkan sepenuhnya pada Agung. Jadilah Agung Firman Sampurna sebagai calon tunggal,” jelas dia.

Setelah dilakukan penetapan, maka Ketua umum IKA UNSRI, Agung Firman Sampurna bersama-sama dengan lima nama lainnya tersebut, akan membentuk kepengurusan baru IKA UNSRI Serta mempersiapkan pelantikan.

“Setelah pelantikan baru kepengurusan periode ini akan menyusun program kerja yang baru,” tegas dia.

Tokoh Palembang

Dr Agung Firman Sampurna, SE, M.Si, lahir di Madiun 19 November 1971 ini merupakan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI periode 2017-2022. Karir birokrasinya dimulai sebagai Staf Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setwilda Tingkat II Kabupaten Musi Banyuasin 1998-1999 lalu sebagai Plh Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik Kabupaten Musi Banyuasin lalu Staf Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Hasil perkawinannya dengan Dian Anggraini memiliki satu orang anak bernama Rachmat K.M Sampurna. Berkat keuletannya di birokrasi dan memiliki sepak terjang yang mumpuni. Agung Firman kemudian berkarir sebagai Kepala Sub Bagian Program Sekretariat KPUD Provinsi Sumatera Selatan, 2004-2005, Fungsional Umum pada Pusat Kajian Manajemen Kebijakan LAN RI dan Fungsional Umum pada Pusat Kajian Sumberdaya Aparatur LAN RI.

Agung Firman Sampurna juga pernah merilis buku yang ditulis berjudul “Utang Luar Negeri Indonesia Indonesia : Argumen, Relevansi dan Implikasinya bagi Pembangunan, Penerbit Djambatan, 1999”.

Sejumlah kegiatan di dalam negeri serta luar negeri pun pernah dilakukan Agung Firman Sampurna diantaranya menjadi Narasumber Konvensi Nasional Akuntansi VII IAI di Jogyakarta, Juni 2012, Narasumber dalam Raker RKAP 2013 PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Juli 2012, kemudian di luar negeri yaitu Memimpin Delegasi BPK RI dalam kegiatan The 2nd Meeting of Parallel Audit on Disaster Preparedness INTOSAI WG AADA di Ankara, Turki, April 2012 dan Supervisi Pemeriksaan Kinerja Penempatan dan Perlindungan TKI Formal Program G to G di Jepang dan Korsel, November 2012.

Agung Firman Sampurna rupanya juga pernah memimpin sejumlah organisasi yaitu Ketua III Senat (BEM) Mahasiswa FE-Unsri (1993-1994), Ketua HMI Komisariat FE-Unsri (1994-1995), Wakil Bendahara Umum HMI Cabang Palembang (1995-1996), Wakil Ketua BPM (Senat) FE-Uansri (1995-1996), Anggota Dewan Pengarah Forum Kajian Ekonomi FE-Unsri (1994-1996).

Penerima Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014 silam ini terbilang aktif menulis karya Ilmiah sejak berkuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya.

Terhitung dua kali Agung Firman Sampurna menyabet gelar juara, yaitu juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang IPS Tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1994 dan Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang IPS Tingkat Wilayah A (Sumatera – DKI) pada tahun 1994. (Uzer)

 

Comments