904 KK Korban Banjir Terima Bantuan

KUNJUNG3

Tabloid-DESA – Sebanyak 904 Kepala Keluarga (KK) masyarakat desa Petaling, Kecamatan Lais yang terdampak banjir menerima bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan bantuan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sabtu (26/11). 

Bantuan yang diberikan diantarannya, Selimut 180 buah, seragam sekolah 40 paket, makanan siap saji 150 paket dan tenda keluarga 4 buah. Bantuan secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel Ir Alex Noerdin saat meninjau lokasi banjir di desa Petaling dan empat ton beras bantuan dari Pemkab Muba.

Alex dalam pertemuan tersebut mengajak masyarakat korban banjir untuk bersabar, sebab pemerintah saat ini sedang berupaya dalam menangani persoalan tersebut. “Kami hadir ditengah-tengah bapak-ibu hari ini untuk meninjau langsung sekaligus memberikan bantuan, yang terpenting kedepan kita fokuskan bagaimana cara mencegah dan mengatasi bencana tahunan ini. Karena itu, untuk mengatasi ini perlu ada perencanaan jangka pendek, maupun jangka panjang,” ungkapnya.

“Tetap sabar, kompak, dan tentunya jangan saling menyalahkan. Banjir ini musibah, bukan keinginan kita. Yang penting sekarang mari sama-sama membantu korban banjir,” lanjutnya.

Hal senada diungkapkan Plt Bupati Ir David BJ Siregar MSc, menyampaikan rasa prihatin atas terjadinya banjir di desa Petaling. Ia berharap masyarakat bisa tetap tenang dan bersabar dalam menghadapi bencana ini. “Pemkab saat ini tengah melakukan kajian mengenai langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi banjir yang setiap tahun terjadi. Salah satu opsinya, yaitu membangun kolam-kolam resapan didaerah yang rawan banjir,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur menyempatkan diri berdialog bersama masyarakat, Sukri Ali salah satu warga menyampaikan aspirasinya terkait program berobat gratis di Muba yang akan diintegrasikan ke Program JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan. Selanjutnya, Amira Siswa SMA Negeri 3 Lais menyampaikan harapannya agar diberikan bantuan berupa pembangunan mushola sekolah dan pagar sekolah yang sampai saat ini belum ada.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Jajaran Pemprov Sumsel, Sekretaris Daerah Muba Drs H Sohan Majid MM, Camat lais, Pimpinan SKPD dan FKPD Muba serta masyarakat desa Petaling.

Comments