163 Jabatan Kades di Lahat Diperebutkan 437 Calon

Pilkades serentak di Kabupaten Lahat akan diikuti oleh 437 calon kepala desa dari 163 desa pada Sabtu (31/10/2015).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lahat, Abdul Rizal, seperti di lansir rmolsumsel mengatakan, pada Pilkades gelombang pertama ini, semula direncanakan 167 desa dari 360 desa di Kabupaten Lahat yang ikut Pilkades serentak, namun pada kenyataannya hanya 163 desa yang bisa ikut Pilkades serentak gelombang pertama, disebabkan 4 desa tidak bisa ikut serentak karena tidak ada calon atau calon tunggal.

Sebenarnya calon yang mendaftar, kata Rizal, semula 444 orang, namun karena aturannya calon maksimal 5 orang dan minimal 2 orang, maka desa calonnya lebih dari 5 orang tidak diperbolehkan atau digugurkan.

Sebaliknya, ungkap Rizal, ada desa yang calon kadesnya sepasang suami istri untuk memenuhi persyaratan karena tidak boleh  calon tunggal.

Bupati Lahat, Saifudin Aswari Riva’i berpesan kepada semua calon agar berkompetisi secara baik.

Dia mengemukakan, sebagai bupati telah memberikan contoh pada Pemilukada Lahat tahun 2013 lalu, dimana pelaksanaan pemilukada serentak 7 kabupaten dan kota serta pilgub Sumsel waktu itu, hanya pemilukada  di Lahat yang tidak ada sengketa sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Makanya para calon harus juga memberikan contoh yang baik pula kepada masyarakat. Para calon kades harus siap menang dan siap kalah,” tukas Aswari.

Dia melanjutkan, jika  memimpin dengan baik maka rakyat akan baik pula.

“Pemimpin saat ini harus berubah, kalau dulu pemimpin mengangkat kepala atau sombong, maka sekarang pemimpin harus menunduk dan melayani rakyatnya,” tandas Aswari.

Dia juga berpesan, agar para calon kades setelah terpilih menjadi kades nantinya maka jadilah pemimpin yang berilmu dan tetap  pelihara kearifan lokal.

“Calon kades yang ribut, kalau menang  tidak akan saya lantik,  pelantikan nantinya  akan dipusatkan di pendopoan ini, akan diundang juga calon kades yang kalah,” pungkas Aswari.

Pelaksanaan Pilkades serentak ini telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor  4 Tahun 2015 dan Perbup Nomor 39 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa, dan kemudian diterbitkan pula Keputusan Bupati Lahat.

Dalam keputusan bupati itu disebutkan ada 3 gelombang pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Lahat yakni gelombang pertama akan berlangsung tanggal 31 Oktober 2015, gelombang ke dua Tahun 2017, dan gelombang ke tiga  Tahun 2019.

Pilkades serentak gelombang pertama sebanyak 167 desa, gelombang kedua 42 desa, dan gelombang ke 3 151 desa. (*)

 

sumber : rmolsumsel

Comments

comments