13 Ribu Personil Polri Siap Amankan Pilkada Serentak di Sumsel

Para personil dilatih khusus menghadapi massa yang melakukan unjuk rasa secara brutal.

Menghadapi Pilkada serentak yang akan dilakukan di tujuh daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sebanyak tiga belas ribu personil Polri dari jajaran Polda Sumsel disiagakan.

Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Sumarso mengatakan, pihaknya juga siap untuk membantu pihak Polres dalam menjaga keamanan Pilkada serentak di beberapa kabupaten/kota yang berada di Sumsel.

Bahkan, untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, para personil tersebut juga dilibatkan untuk pelatihan khusus seperti simulasi menghadapi massa yang melakukan unjuk rasa secara brutal.

“Seperti di daerah yang rawan konflik semisal Musi Rawas dan Musi Rawas Utara maka akan kita prioritaskan karena mengingat di dua tempat tersebut memang rawan dengan aksi massa,” terangnya.

“Kami siap untuk memback up Polres yang ada di kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak. Namun, kami himbau nantinya bagi para calon-calon yang ikut dalam Pilkada harus ikuti aturan yang ada dan jangan membuat onar jika kalah,” tegasnya.

Sukseskan Pilkada Serentak

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015, KPU Sumatera Selatan (Sumsel) segera menindaklanjuti dengan mulai mempersiapkan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan.

“Pelaksanaan Pilkada serentak di Sumsel akan dilaksanakan pada tujuh kabupaten dan akan berlangsung serentak pada 9 Desember 2015. Kini Peraturan KPU tentang penyelenggaraan Pilkada sudah disahkan,” ungkap Ketua KPU Sumsel Aspahani, beberapa waktu lalu.

Pilkada serentak di Sumsel akan dilaksanakan di 7 kabupaten, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir), Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

“Total pasangan bakal calon bupati/wakil bupati dari tujuh kabupaten di Sumsel yang melaksanakan pilkada sebanyak 19 pasangan,”kata Aspahani. (*/red)

daftar cabub wabub pilkada serentak 2015 di sumatera selatan tabloid desa

 

Comments

comments