125 Bidan PTT dan Tenaga Penyuluhan Banyuasin Ikuti Diklat Prajabatan

DIKLAT

Tabloid-DESA.com PANGKALAN BALAI – Sebanyak 125 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari 89 orang bidan PTT Dinas Kesehatan lingkungan Pemkab Banyuasin dan 36 orang Tenaga Penyuluhan dari Dinas Pertanian mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan II dan III dai Aula Gedung Asrama Haji Palembang, Rabu (24/01).

Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. H. Senen Har, S.IP., M.Si menjelaskan Diklat Prajab ini selain merupakan kewajiban Calon ASN agar bisa diangkat menjadi ASN, juga untuk membangun kompetensi dan membentuk ASN yang professional. “Harapannya, dari kegiatan itu akan mencetak calon ASNyang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat.” kata Senen

Pemerintah telah berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan pemerintahan, baik di pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pemerintah pusat pada 2017 lalu telah menyetujui pengangkatan tenaga honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/ASN baru. Hai ini melalui pertimbangan kurangnya tenaga penyuluh lapangan dan tenaga bidan di wilayah terpencil.

“Tenaga Honorer yang diangkat pada bidang tenaga penyuluh dan bidan desa sebanyak125 orang. Dan yang telah memenuhi persyarakat untuk diangkat, terdiri dari 36 orang tenaga penyuluh pertanian dan 89 orang tenaga bidan PTT.” Lanjut Senen Har

Diklat pra jabatan sebagai diklat dasar memiliki peranan penting dalam membentuk sosok aparatur pemerintahan yang tangguh sebagai aparatur pelayanan masyarakat yang terdepan. Diklat pra jabatan membentuk nilai-nilai dasar yang berkaitan dengan kompetensi dan keahlian sesuai tuntutan masyarakat yang terdiri dari nilai akuntabilitas, nilai nasionalisme, nilai etika publik, nilai komitmen mutu, dan nilai anti korupsi.

Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar, para peserta diharpkan menjadi sosok ASN yang benar-benar profesioanal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya guna mencapai tujuan pembangunan ASN yang berintegritas tinggi.

Para calon ASN akan dididik dan diarahkan mengenai tugas-tugas yang akan dibebankan oleh negara. Dan dididik mengenai disiplin, untuk itu kiranya dapat dipatuhi dan dilaksanakan. Ini berguna untuk membiasakan diri agar apabila telah diangkat secara penuh, akan menghadapi aturan-aturan kepegawaian yang mengikat.

“Apa yang saudara dapat selama pendidikan ini agar dapat saudara terapkan di tempat tugas masing-masing. Saya harap setelah pengangkatan ini, para peserta dapat lebih meningkatkan kompetensinya masing-masing. Saya perintahkan Kepala BKPSDM dapat menganggarkan kegiatan-kegiatan diklat kompetensi guna peningkatan Sumber Daya Manusia,  agar dapat Banyuasin dapat meningkatkan daya saing dan menyetarakan diri dengan daerah-daerah lain.” Pungkas Senen

Pelaksanaan pra jabatan dibagi menjadi 4 angkatan, Angkatan I dilaksanakan tanggal 24 Januari – 31 Januari, Angkatan II dimulai 5 Februari – 12 Februari, Angkatan III dimulai 13 Februari – 20 Februari, Angakatan IV mulai 21 Februari – 27 Februari.

Tampak hadir dalam Pembukaan Diklat pra jabatan Kepala BKPSDM Lukman, SE., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA, perwakilan Kepala Dinas Pertanian, perwakila Dinas Kesehatan, dan sejumlah perwakilan Kepala OPD lainnya.

Comments

comments